Home / Ekonomi dan Bisnis

Sabtu, 10 Desember 2022 - 13:45 WIB

Pendapatan Daerah Tahun 2023 Meningkat

Pendapatan Daerah Tahun 2023 Meningkat

Sumbawa Besar (Sumbawasatu.com)-

Bupati sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah, menyampaikan penjelasan dalam Sidang Paripurna Pembahasan Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Sumbawa Tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2023, Kamis (17/11) kemarin Dengan proyeksi pendapatan 2023 bakal meningkat.

Dijelaskan Bupati, Raperda APBD Tahun Anggaran 2023 diarahkan untuk mencapai prioritas pembangunan. Yakni meningkatkan pertumbuhan ekonomi lokal yang berkualitas dan berkeadilan. Memperkuat infrastuktur dan konektivitas wilayah untuk mendukung pengembangan ekonomi dan layanan dasar, peningkatan kesejahteraan dan kualitas Sumber Daya Manusia (SDA). Kemudian mewujudkan masyarakat Sumbawa yang beriman, aman dan berbudaya, pengelolaan persampahan, lingkungan hidup dan perubahan iklim. Serta mitigasi bencana, reformasi birokrasi dan transformasi pelayanan publik.

BACA JUGA  Jelang Tahun Baru, Satgas Pangan Polda NTB dan TPID Pantau Harga Bahan Pokok

Adapun mengenai kondisi keuangan daerah tahun anggaran 2023, secara agregat pendapatan daerah mengalami peningkatan. Namun peningkatan tersebut secara signifikan terjadi pada pendapatan yang bersifat earmark (ditentukan penggunaannya). Seperti Dana Alokasi Umum (DAU), yang ditentukan penggunaannya, pendapatan hibah, serta pendapatan asli daerah dari komponen pendapatan BLUD RSUD dan Puskesmas.

Peningkatan tersebut merupakan dampak penerapan Undang-Undang Nomor 1 tahun 2022 tentang hubungan keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah. Berikutnya, Belanja daerah direncanakan sebesar Rp. 2,04 Triliun bertambah sebesar Rp. 222,27 Milyar (12,22%) dibangdingkan APBD tahun anggaran 2022 yang ditetapkan sebesar Rp. 1,82 Triliun. Berdasarkan rencana pendapatan dan belanja tersebut, maka tercata defisit anggaran sebesar Rp. 84,90 Milyar.

BACA JUGA  Bazar TVRI NTB, Masyarakat Dapat Sembako Murah

Bupati berharap pembahasan dapat dilanjutankan ke tingkat pembahasan berikutnya. Hingga dicapai persetujuan bersama dalam batas waktu yang sesuai dengan ketentuan pengelolaan keuangan daerah. (SS)

Foto/// Bupati menyerahkan penjelasan terkait Ranperda APBD 2023 kepada Pimpinan DPRD Sumbawa

Share :

Baca Juga

Ekonomi dan Bisnis

Kolaborasi PINTAR dan Prakerja untuk Dorong Pendidikan Inklusif

Ekonomi dan Bisnis

12.863 KPM di KSB Terima Bantuan Pangan Tahap II Tahun 2023

Ekonomi dan Bisnis

Sukses Pimpin Perusahaan, Tiga Direksi Jasa Raharja Masuk Jajaran Top 100 CEO dan Top 200 Next Leader 2023 Versi Infobank

Ekonomi dan Bisnis

Jasa Raharja Dukung Korlantas Polri Gelar Sosialisasi Aplikasi SIGNAL Tingkatkan Kecepatan Layanan dan Kepatuhan Pembayaran Pajak Kendaraan

Ekonomi dan Bisnis

Jasa Raharja Sumbawa Barat Gandeng Stake Holder Melaksanakan Koordinasi FKLL

Ekonomi dan Bisnis

Sudah Serap Jagung Petani, Bulog Sumbawa Pastikan Pembelian Sesuai HAP

Ekonomi dan Bisnis

Sukses Jalankan Inovasi Digital, Jasa Raharja Raih Tiga Penghargaan di Ajang Indonesia Digital Innovation and Achievement Awards 2023

Ekonomi dan Bisnis

Indosat Ooredoo Hutchison Hadirkan Kegembiraan Berlimpah Saat Idul Fitri
error: Content is protected !!