Home / Politik dan Pemerintahan

Sabtu, 10 Desember 2022 - 13:39 WIB

Ratusan Kasus HIV/AIDS di Sumbawa

Sumbawa Besar (Sumbawasatu.com)-Tercatat sebanyak 212 kasus HIV/ AIDS di Kabupaten Sumbawa dalam kurun waktu 2010 hingga September 2022. Bahkan 100 orang diantaranya telah meninggal dunia. Selain itu, penyakit TBC juga masih jadi ancaman.

Hal ini diungkapkan Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah saat membuka Pertemuan Revitalisasi Forum Kemitraan untuk AIDS, Tuberkulosis dan Malaria (ATM), Project Resilent and Sustainable System for Health (RSSH), Rabu (16/11) lalu.

Sementara untuk Tuberkulosis, sebutnya, ditemui 495 kasus dari target 1552 penemuan kasus. Sedangkan Malaria masih terdapat kasus di 4 kecamatan dan 9 desa, yang menjadikan Kabupaten Sumbawa merupakan salah satu dari 4 kabupaten di NTB, yang belum eliminasi Malaria. “Kita targetkan di akhir tahun 2022 ini, tidak ada lagi kasus Malaria terutama penularan setempat,”tegas bupati dihadapan para camat dan kepala desa.

BACA JUGA  Bupati  Siap Lepas Kontingen Porprov Sumbawa

Menurutnya, penanganan dan penyelesaian kasus-kasus ATM harus diawali dengan komitmen dan peran pemerintah. Mulai dari tingkat pusat sampai ke tingkat daerah. Dengan demikian, program-program pencegahan dan pengendalian ATM menjadi lebih efektif melalui kebijakan-kebijakan politik yang diambil, dengan mengembangkan pola kerja yang integratif dan kolaboratif, yang melibatkan berbagai stakeholder secara aktif.

BACA JUGA  Peringati HUT ke-62, Jasa Raharja Berkomitmen Terus Optimalkan Pelayanan

Di samping itu, tambah Bupati, peran lintas sektor, swasta, dan pemerintah desa sangat diperlukan dalam upaya pencegahan dan penanggulangan ATM di daerah. Untuk meningkatkan upaya – upaya pencegahan dan pengendalian ATM di Kabupaten Sumbawa, diperlukan upaya penguatan mitra – mitra kerja . Melalui pertemuan revitalisasi forum kemitraan. “Saya berharap, agar pertemuan ini menghasilkan beberapa solusi pengendalian ATM di masa mendatang, khususnya dalam mewujudkan target eliminasi ATM pada tahun 2030,” pungkasnya. (SS)

Foto/// Bupati Sumbawa

Share :

Baca Juga

Politik dan Pemerintahan

Sukseskan Pelaksanaan Coklit KPU Sumbawa

Politik dan Pemerintahan

Perkuat Sinergitas, Kakanim Sumbawa Kunjungi Bupati KSB

Politik dan Pemerintahan

Timgab Amankan Puluhan Batang Kayu di Hutan Boak

Politik dan Pemerintahan

Kapolres Sumbawa Berikan Penghargaan Personel Berprestasi

Politik dan Pemerintahan

PERAN PENTING MENAMBAH MINERAL DALAM PEMBUATAN PAKAN AYAM PETELUR

Politik dan Pemerintahan

HUT ke-65 Sumbawa, Bupati Sampaikan Prestasi dan Capaian Program Unggulan

Politik dan Pemerintahan

Bawaslu Sumbawa Bekali Panwascam Pengawasan Pendistribusian Logistik Pemilu

Politik dan Pemerintahan

Visi Sumbawa MAS Berkelanjutan Didukung Delapan Misi Strategis
error: Content is protected !!