Home / Politik dan Pemerintahan

Rabu, 14 Desember 2022 - 06:36 WIB

Kapasitas Anggota Tagana Sumbawa Ditingkatkan

Sumbawa Besar (Sumbawasatu.com)-Sebanyak 50 anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) dan sahabat Tagana yang berasal dari Kabupaten Sumbawa dan Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) mengikuti kegiatan Peningkatan Kapasitas Taruna Siaga Bencana Tagana Tahun 2022, Jumat (2/11/2022). Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Bupati Sumbawa ini dihadiri Asisten 3 Administrasi Umum, Anggota Forkopimda, Ketua Tagana Provinsi NTB, Kadis Sosial diwakili Kabid Banjamsos, Kepala BPBD, Basarnas dan sejumlah pengurus Tagana Kabupaten Sumbawa.

Bupati Sumbawa yang diwakili Asisten 3 Sekda Sumbawa, Ir. Dirmawan menyambut dan mengapresiasi segala bentuk kegiatan Tagana dalam bidang kebencanaan.

Menurutnya peningkatan kapasitas anggota Tagana ini sangat penting, mengingat relawan kemanusiaan itu merupakan garda terdepan dalam menangani bencana baik pra, saat dan pasca bencana. “Bencana dapat terjadi sewaktu-waktu tanpa bisa diprediksi, masyarakat juga sering tidak siap dalam menghadapi bencana, sehingga saat bencana terjadi, banyak menimbulkan korban jiwa, harta dan dampak psikologis. Begitupun masalah banjir yang seringkali dihadapi akhir-akhir ini, juga banyak menimbulkan kerugian baik bagi masyarakat maupun pemerintah. Kehadiran Tagana menjadi solusi dari semua ini dalam penanganan bencana dan perlindungan social, guna memperkecil resiko bencana,” ungkapnya.

BACA JUGA  Desa Rhee dan Kelurahan Bugis Dinilai Tim Provinsi

Bupati berharap Tagana mampu merespon secara cepat dan tepat bencana yang terjadi, lebih kompak dan solid, selalu terdepan, serta mampu berkiprah lebih banyak lagi dalam penanggulangan bencana. Ia juga mengimbau agar Tagana mampu menciptakan inovasi penyuluhan dan pencegahan serta tanggap bencana, baik bencana alam maupun bencana non alam seperti terjadinya pandemi covid-19.

Sementara Koordinator Tagana NTB sekaligus Ketua Tagana Sumbawa, Dedi Susanto S.Pdi menyebutkan bahwa Tagana Sumbawa telah berkiprah menangani bencana sejak Tahun 2004. Tagana selalu berada di garda terdepan untuk memberikan bantuan kemanusiaan. Karenanya kemampuan anggota Tagana tentang kebencanaan harus terus ditingkatkan guna pemenuhan pelayanan dasar korban bencana baik bencana alam maupun bencana social. “Anggota Tagana harus menguasai assesement, pengelolaan dapur umum dan tupoksi lainnya agar apa yang dilakukan dapat meminimalisir resiko bencana,” ujarnya.

BACA JUGA  2024, Pemda Sumbawa Usung Tema “Peningkatan Pembangunan Ekonomi yang Berdaya Saing dan Layanan Dasar yang Berkeadilan”

Untuk itu, ia menyampaikan terima kasih kepada Pemda Sumbawa khususnya Ketua DPRD yang telah mengalokasikan dana Pokirnya sehingga pelaksanaan peningkatan kapasitas anggota Tagana dapat terlaksana. Demikian dengan Bupati Sumbawa dan Dinas Sosial yang terus mensupport keberadaan tagana sehingga sampai saat ini masih terus berkiprah.(SS)

Share :

Baca Juga

Politik dan Pemerintahan

KPU Sumbawa Tetapkan DPTb Periode Oktober 2023

Politik dan Pemerintahan

Perjuangkan Nasib Sopir Ambulans, DPRD Sumbawa Hearing dengan Pemda

Politik dan Pemerintahan

Silaturrahmi dengan Warga Labuhan Alas, Abdul Rafiq Sampaikan Kriteria Pemimpin Sejati yang Harus Dipilih

Politik dan Pemerintahan

DPD PAN Sumbawa Mengucapkan Dirgahayu Kabupaten Sumbawa ke-64

Politik dan Pemerintahan

Rayakan HUT Ketua Umum, PDIP Sumbawa Buka Dapur Umum Cegah Stunting

Politik dan Pemerintahan

Isi Kekosongan, 21 Orang Ikuti Seleksi Panwascam

Politik dan Pemerintahan

Agregat Indeks Pembangunan Statistik Sumbawa di Atas Indeks Nasional

Politik dan Pemerintahan

Kunjungi MRMP Bulog Sumbawa, Pj. Gubernur: Bukti NTB Sentra Beras Nasional
error: Content is protected !!