Home / Pendidikan

Rabu, 14 Desember 2022 - 05:44 WIB

Sejumlah SD Bakal Dimerger

Sumbawa Besar (Sumbawasatu.com)-Sejumlah Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Sumbawa, direncanakan untuk digabung atau dimerger. Hal ini dilakukan, guna efisiensi dan peningkatan kapasitas sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sumbawa, Muhammad Ikhsan Safitri, saat ditemui, Senin (21/11) mengatakan, ada sejumlah sekolah yang direncanakan untuk dimerger.

Di dalam Kota Sumbawa, sekolah tersebut yakni SD 8 dengan SD 10, SD 6 dengan SD 9 dan SD 1 dengan SD 4. Kemudian di Kecamatan Utan ada SD 3 dengan SD 5. Di Kecamatan Alas yakni SD 3 dengan SD 10 dan SD 4 dengan SD 8 Alas.

BACA JUGA  Targetkan Lolos Hibah Dikti, Mahasiswa FEB UTS Siapkan Lebih dari 100 Judul Program Kreatif

Menurut Ikhsan, sementara ini belum bisa dipastikan SD mana yang akan dimerger. Karena masih dilakukan pengkajian atas hal tersebut. Nantinya akan dilakukan pengelompokan terkait sekolah yang akan dimerger.

Ikhsan menjelaskan, merger ini diperlukan demi efisiensi, untuk kemudian meningkatkan kapasitas sekolah. Karena, jika sekolah itu dimerger tentu akan menjadi besar. Selain itu, hal ini juga untuk menghilangkan sekat-sekat psikologis yang terjadi antar sekolah.

BACA JUGA  Sekelas Dua Rombel, Murid Berdesakan dan Tempati Kelas Darurat

Lebih lanjut Ikhsan mengatakan, kedepan jika distribusi guru saja tidak mampu untuk memecahkan masalah di SD, maka jalan satu-satunya adalah dilakukan merger terhadap SD tersebut.

Pihaknya berharap hasil merger nantinya juga akan merubah nama sekolah. Dengan pergantian nama yang mengandung makna juga diharapkan mengandung semangat guna pengembangan kedepannya.(SS).

Share :

Baca Juga

Pendidikan

UNSA Wisudakan 360 Mahasiswa

Pendidikan

Atasi Disparitas, 30 Sekolah di Sumbawa akan Dimerger 

Pendidikan

Implementasi MBKM, Prodi Kewirausahaan UTS Fasilitasi Magang, Preanership, Hingga Bina Desa

Pendidikan

Diikuti 16 Sekolah, Museum Sumbawa Gelar Lomba Cerdas Cermat

Pendidikan

Ketua PDPM Sumbawa Dikukuhkan Jadi Anggota Dewan Pendidikan

Pendidikan

Bupati: STAI NW Samawa, Institusi Pendidikan yang Melahirkan Lulusan Mumpuni

Pendidikan

Wabup Ingatkan Kasek Miliki Lima Kompetensi Dasar

Pendidikan

Seminar Nasional BEM-FKIP UNSA, Bahas Tantangan dan Peran Pendidikan Abad 21 
error: Content is protected !!