Home / Politik dan Pemerintahan

Rabu, 14 Desember 2022 - 04:58 WIB

Surat Edaran Bupati Disusun, Percepat Kabupaten ODF dan STBM

Sumbawa Besar (Sumbawasatu.com)-Bupati Sumbawa diwakili Asisten Administrasi Umum, Ir. Dirmawan menghadiri kegiatan Rakor sekaligus Penandatanganan Komitmen dalam rangka Mempercepat Penuntasan Akselerasi 5 pilar STBM dan Persoalan Sanitasi dan Air Bersih di Kabupaten Sumbawa. Dalam kegiatan tersebut dibahas beberapa strategi penuntasan STBM. Salah satunya menyusun SE Bupati untuk percepatan Kabupaten STBM.

Bupati menyampaikan kegiatan ini sebagai bentuk komitmen sekaligus aksi dan strategi dalam rangka mempercepat target penuntasan 5 pilar STBM Kabupaten Sumbawa. Yang telah menerima penghargaan sebagai Kabupaten Open Defecation Free (ODF) atau stop buang air besar sembarangan (BABS), dan telah dilaksanakan verifikasi pilar 2 dan pilar 3 STBM oleh tim Pokja PPAS Provinsi NTB dengan hasil baik. Serta telah mengikuti penilaian verifikasi STBM Awards Tingkat Nasional.

Menurut Bupati, permasalahan utama yang dihadapi dalam menjaga kesehatan lingkungan adalah masih rendahnya kesadaran masyarakat untuk berperilaku hidup bersih dan sehat. Terutama dalam hal kebiasaan buang air besar sembarangan, pencemaran lingkungan karena sampah dan limbah rumah tangga. Serta tidak mencuci tangan dengan baik.

BACA JUGA  Ketua DPRD Sumbawa Nilai Program Upland Mampu Tingkatkan Kesejahteraan Petani

“Seakan-akan perilaku ini sangat bertolak belakang dengan penerimaan teknologi di masyarakat seperti gadget dan lainnya. Dimana masyarakat sangat cepat merespon dan mengaplikasikannya dalam kehidupan mereka. Sedangkan bagaimana perilaku buang air besar yang seharusnya atau perilaku mencuci tangan yang benar perlu terus dilakukan pemicuan, pemberdayaan masyarakat dan edukasi secara berkesinambungan dan berkelanjutan,”kata Bupati.

Hal ini tidak mengherankan bahwa kejadian-kejadian diare, malaria demam berdarah di masyarakat masih cukup tinggi. Dan hampir terjadi setiap tahun yang disebabkan oleh tingkat kesadaran masyarakat. Untuk itu, Bupati berharap semua pihak dapat menyelesaikan persoalan STBM ini. Tidak hanya mengenai pembangunan sarana prasarana dan akses sanitasi saja. Tetapi juga menyangkut upaya membangun kesadaran dan pemahaman masyarakat tentang urgensi sanitasi dan penerapan perilaku hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari.

BACA JUGA  Wakili Anggota DPR RI H. Zainul Arifin, H. Ansori Serahkan Bansos untuk Masyarakat Sumbawa

Sementara, Kepala Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia, Bappeda Sumbawa, Yuni Ilmi Kurniati, S.STP.,M.Si memaparkan strategi penuntasan target STBM. Diantaranya, membangun kerjasama dengan pihak lain seperti plan Indonesia, Baznas, Perguruan Tinggi dan lainnya. Menyusun Peraturan Bupati tentang STBM GESI. Menyusun Surat Edaran Bupati tentang percepatan Kabupaten ODF dan Kabupaten STBM. Pembentukan dan penguatan Tim STBM Di Seluruh Kecamatan dan desa/kelurahan. Pemicuan STBM bagi masyarakat, penyandang disabilitas dan sekolah dan lainnya. (SS)

Share :

Baca Juga

Politik dan Pemerintahan

Ribuan Relawan Kebakaran Sudah Terdaftar di Kabupaten Sumbawa

Politik dan Pemerintahan

Waka Nanang Soroti Kualitas Jalan Sebasang – Batu Tering

Politik dan Pemerintahan

Amilan Hatta Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1444 H/2023 M

Politik dan Pemerintahan

Pemda Sumbawa Sampaikan Master Plan Pembangunan Samota Sport Center ke Pusat

Politik dan Pemerintahan

Rakorda se-Pulau Sumbawa, PDIP Dukung Abdul Rafiq Maju di Pilkada Sumbawa

Politik dan Pemerintahan

Jamin Rasa Aman, Personel Pos Pam Operasi Lilin Res Sumbawa Lakukan Patroli Wilayah

Politik dan Pemerintahan

Tata Kelola Pengadaan ASN Terbaik, Kemenkumham Terima Penghargaan dari Menpan RB

Politik dan Pemerintahan

Jelang TMMD ke 116, Kodim 1607/Sumbawa Tinjau dan Patok Rencana Sasaran Fisik
error: Content is protected !!