Home / Politik dan Pemerintahan

Rabu, 4 Januari 2023 - 15:00 WIB

Indahnya Air Terjun Kalela di Sumbawa Barat

Penulis : Sarinah

Mahasiswa FKIP Universitas Samawa (UNSA) Sumbawa Besar

Sumbawa Besar (Sumbawasatu.com) – Air terjun Kalela merupakan salah satu wisata yang terkenal di Sumbawa, pulau yang terletak di sebelah timur Lombok ini memang memiliki destinasi wisata yang sangat menarik, mulai dari pantai, gunung hingga air terjun yang cantik yaitu Kalela. Keeksotisan Pulau Sumbawa tidak hanya berkutat pada Pantai Lakey-nya atau Pulau Moyo-nya yang bahari tetapi juga pesona Air Terjun Kalela yang membuat Sahabat selalu ingin mendatangi tempat ini.

Air terjun kalela terletak di Desa Jereweh, Kecamatan Jereweh, Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB). Air terjun kalela bisa di tempuh dalam waktu 90 menit atau lebih dengan menggunakan kendaraan dari pelabuan poto tano, sumbawa barat. Jaraknya sekitar 48 km dari pelabuan poto tano atau sekitar 18 km dari kota taliwang (ibu kota kabupaten sumbawa barat).

Untuk menuju Air terjun kalela orang-orang yang ingin berwisata (traveller) harus terlebih dahulu menuju desa terdekat dengan air terjun ini, yaitu desa jereweh. . Dari Desa Jereweh, traveller harus melewati jalan tanah berbatu di antara persawahan sekitar 3 km hingga tiba di tempat parkir Air Terjun Kalela, jalannya memang kurang bagus, akan tetapi bisa ditempuh dengan roda dua. Dari sinilah traveller harus berjalan kaki sekitar dua ratus meter hingga tiba di Air Terjun Kalela. Uniknya Air Terjun Kalela terletak di sebuah tebing batu yang berundak-undak dan berongga mirip gua. Di tebing tersebut traveler bisa melihat beberapa pohon yang menjulang tinggi dengan akar-akar panjang yang merambat di sekitar air terjun, air terjun ini memiliki ketinggian 10 dari permukaan kolam, Kesannya memang serem, tapi tetap saja eksotis.

BACA JUGA  Antusias Ikuti Reses Aan, Warga Karang Cemes Sampaikan Terimakasih TPU Terealisasi

Di bawah air terjun terdapat sebuah kolam besar dengan air bewarna hijau, hijau disini dikarenakan akar-akar pohon sehingga membuat hijaunya air menciptakan panorama alam yang mengagumkan. Siapapun pasti akan takjub melihat keunikan dan keindahan Air Terjun Kalela.

Air Terjun Kalela mempunyai sebutan yang cukup banyak. Beberapa di antaranya adalah Air Terjun Jantup, Air Terjun Ai Koa, dan Air Terjun Semporon Tangkil. Namun demikian, nama Kalela-lah yang lebih familier di telinga masyarakat sekitar. Atraksi alam ini memang benar-benar tepat untuk dijadikan alternatif liburan ketika Sahabat sedang mengeksplorasi bagian barat Pulau Sumbawa.

BACA JUGA  Constatering Mengacu pada Gugatan Perkara yang Ditolak Pengadilan

Berbeda dengan air terjun lainnya, Air Terjun Kalela memiliki bentuk yang bisa dibilang unik. Kekhasan yang terlihat adalah tebing batu yang berundak-undak tersusun secara alami dengan indah. Bebatuan berukuran besar yang berwarna abu-abu tersebut semakin cantik karena tertutupi oleh bentangan lumut hijau yang tebal dan akar-akar pohon besar yang menjuntai.

Keunikan berikutnya adalah aliran air tipisnya yang begitu jernih yang seakan-akan keluar dari akar-akar pohon serta gua alami kecilnya yang menawan. Kolam alami yang dipenuhi dengan air yang bewarna turquoise (pirus) di bawahnya juga tidak bisa di remehkan. Hal ini memperkuat bahwa keanggunan yang Air Terjun Kalela tawarkan tidak akan pernah terbantahkan.

Ada banyak keseruan yang bisa Sahabat lakukan sembari melakukan ekplorasi di Air Terjun Kalela. Tempat yang dijadikan sebagai tempat mandi penduduk Desa Jereweh tersebut sangat cocok untuk kegiatan berenang dan bermain air. Sensasi air kolamnya yang jernih mengakibatkan pengunjung merasa ingin berendam berlama-lama di dalamnya. (SS)

Artikel ini dimuat untuk memenuhi tugas kuliah penulis. Jika ada hal yang ingin ditanyakan bisa menghubungi penulis melalui nomor kontak berikut ini +62 823-4033-3803.

Share :

Baca Juga

Politik dan Pemerintahan

Sapa Masyarakat Tarusa, Rafiq Komit Perhatikan Infrastruktur, UMKM dan Sapras Pertanian

Politik dan Pemerintahan

KOLABORASI GURU DAN ORANG TUA DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA ERA DIGITAL

Politik dan Pemerintahan

Antisipasi Kasus DBD, Dikes Sumbawa Ajak Masyarakat Jadi Jumantik

Politik dan Pemerintahan

Penurunan Stunting, Wabup Sumbawa Ajak Semua Pihak Bersinergi

Politik dan Pemerintahan

Ketua DPRD Sumbawa Minta Pemda Segera Atasi Persoalan Melambungnya Harga Sembako

Politik dan Pemerintahan

Kanim Sumbawa Gelar “Kumham Bergerak Imigrasi Menyapa”

Politik dan Pemerintahan

Gerak Cepat Satgas NTB Zero Waste, Praktekan Pengolahan Kompos Desa Moyo Mekar

Politik dan Pemerintahan

Agregat Indeks Pembangunan Statistik Sumbawa di Atas Indeks Nasional
error: Content is protected !!