Home / Politik dan Pemerintahan

Minggu, 5 Februari 2023 - 00:50 WIB

Mahasiswa KKN Tematik UNRAM Sosialisasikan Budidaya Maggot BSF

Selong (Sumbawasatu.com)-
Mahasiswa KKN Tematik Universitas Mataram (Unram) periode 2022-2023, menggelar sosialisasi budidaya Maggot BSF di Kelurahan Kelayu Jorong, Kecamatan Selong Lombok Timur, Rabu ( 1/2/2023). Budidaya Maggot BSF bertujuan mengurai atau mengubah sampah organik sehingga dapat mengatasi masalah persampahan di Kelurahan Kelayu Jorong.
Sebelum menggelar kegiatan sosialisasi, mahasiswa KKN Tematik Unram mengunjungi lingkungan-lingkungan yang berada di Kelurahan Kelayu Jorong sebagai survei awal. Berdasarkan hasil survei, sampah-sampah organik yang berasal dari rumah tangga masih belum dimanfaatkan dan diatasi.
Berkaitan dengan hal tersebut, mahasiswa KKN Tematik Unram berupaya untuk mengatasi masalah sampah agar menjadi suatu yang dapat dimanfaatkan kembali.
“Budidaya Maggot BSF dapat mengurai sampah-sampah yang berasal dari rumah tangga dan juga budidaya ini dapat dilakukan di rumah- rumah warga dan tidak membutuhkan ruang atau tempat yang besar. Maggot BSF ini juga dapat dimanfaatkan sebagai pakan unggas dan juga ikan yang berada di kolam,” ujar Maulana Ahmad Darwis, selaku ketua KKN.
Najamudin, selaku Lurah Kelayu Jorong merasa terbantu dengan adanya program kerja pembudidayaan maggot BSF. Hal ini disampaikan Najamudin saat ditemui oleh mahasiswa KKN Tematik Unram di kantor lurah Kelayu Jorong.
“Semoga dengan adanya pembudidayaan maggot BSF ini dapat mengatasi permasalahan sampah, menjadi inovasi dan lahan pekerjaan warga di sini,” ucap Najamudin.
Melalui kegiatan sosialisasi ini mahasiswa KKN juga berharap dapat membantu mengatasi permasalahan sampah dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat di era sekarang.
KKN Mahasiswa Tematik UNRAM melaksanakan kegiatan sejak 20 Desember 2022 dan akan berakhir 10 Februari 2023 di Kelurahan Kelayu Jorong, Kecamatan Selong Lombok Timur, beranggotakan 10 mahasiswa masing-masing Maulana Ahmad Darwis (Fak. Peternakan), Lalu Muhammad  Ariefqy Auliya Rosyada (Fak.Hukum), Alfansyah Baadillah  (Fak. Tekhnik), Tomi Suharto (Fak. MIPA), Listiani (Fak. Peternakan), Nur Ainul Febriyanti (Fatepa), Alma Diniarti (FKIP), Baiq Annisa Wulan Yaksa (Fak Pertanian),  Rosita Juniarti (MIPA), Fitri Khaerunnisa (FKIP).(SS/R)
BACA JUGA  Kodim 1607/Sumbawa Salurkan Bantuan Korban Banjir di KSB

Share :

Baca Juga

Politik dan Pemerintahan

Bawaslu Sumbawa Imbau Parpol Kampanye Sesuai Jadwal

Politik dan Pemerintahan

Wabup Berikan Arahan dalam Musrenbang RKPD Kabupaten Sumbawa

Politik dan Pemerintahan

Dana Desa Kabupaten Sumbawa Tahun 2024 Meningkat

Politik dan Pemerintahan

PDIP Sumbawa Rakor dan Konsolidasi Pemantapan Pemenangan Pemilu 2024

Politik dan Pemerintahan

Polres Sumbawa Pastikan Kesiapan Peralatan Antisipasi Kejadian Bencana

Politik dan Pemerintahan

Dinas KUKMIndag Sumbawa Pantau Harga Bahan Pokok Jelang Ramadhan

Politik dan Pemerintahan

Silaturrahmi dengan Warga Labuhan Alas, Abdul Rafiq Sampaikan Kriteria Pemimpin Sejati yang Harus Dipilih

Politik dan Pemerintahan

Ridwan SP Serap Aspirasi Warga Ai Puntuk dan Penyaring
error: Content is protected !!