Home / Olahraga

Minggu, 26 Februari 2023 - 20:19 WIB

Akhir Porprov 2023, Sumbawa Raih 41 Emas

Fikri : Saya Bangga Dengan Atlet Lokal Kita
 
Sumbawa Besar (Sumbawasatu.com)-
Pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) NTB ke XI tahun 2023 mempertandingkan sebanyak 35 cabang olahraga (Cabor). Dari jumlah itu, Kabupaten Sumbawa hanya mengikuti 26 cabor yang dipertandingkan, dan berhasil mengumpulkan sebanyak 42 medali emas.
Adapun medali emas terbanyak Kabupaten Sumbawa, diraih Cabor Perpani (Panahan) dengan 9 medali emas, diikuti Atletik (9), Sepak Takraw (4), Pencak Silat (IPSI) (3). Sementara Cabor Billiar (POBSI), Catur (Percasi), Senam (Persani), Kick Boxing (KBI), Taekwondo (TI) dan Tarung Derajat (Boxer) masing-masing mengumpulkan 2 medali emas. Selanjutnya Cabor Karate, Kempo, Muaythai dan Tinju, masing-masing mendapatkan 1 medali emas.
Ketua KONI Sumbawa, Syamsul Fikri AR mengungkapkan, dalam Porprov kali ini, Kabupaten Sumbawa menurunkan sebanyak 424 kontingen. Dimana 330 atlet, serta 94 official yang terdiri dari manajer dan pelatih.
Fikri mengaku sangat berterimakasih atas perjuangan para atlet Sumbawa yang sangat luar biasa. Ia juga menyampaikan terimakasih kepada para pelatih dan manajer yang telah berperan aktif mendampingi para atlet selama berlatih dan bertanding. “Salut dengan semangat dan perjuangan atlet kita. Semoga ke depan mereka akan lebih baik lagi,” harapnya.
Prestasi yang luar biasa diraih Kabupaten Sumbawa, meski dengan jumlah yang diikuti sebanyak 26 cabor. Namun berhasil mengoleksi 41 emas. Kemudian, lanjut Wakil ketua DPRD Sumbawa ini untuk Cabor yang dikategorikan unggulan seperti Cabor menembak (Perbakin), tidak diikuti oleh Kabupaten Sumbawa. Kelas yang dipertandingkan pada Porprov 2023 ini berbeda dengan  Porprov 2018. Akibatnya atlet andalan Sumbawa tidak ikut.
Namun demikian, Fikri mengaku bangga dengan potensi seluruh atlet Sumbawa,  semua lokal. “Bisa-bisa saja kami mendatangkan atlet luar. Namun kami lebih bangga dengan atlet lokal kita namun banyak yang berpotensi nasional bahkan bisa-bisa berpotensi internasional,” nilai Fikri.
Hal lain yang juga penting adalah peran serta sejumlah Cabor yang diketuai oleh unsur anggota DPRD Sumbawa. “Saya mengapresiasi perhatian rekan-rekan di DPRD Sumbawa yang menjadi ujung tombak atau pengurus Cabor. Mereka telah berikhtiar maksimal untuk bisa mengukir prestasi terbaik atletnya,” jelas Fikri.
Selama sekitar delapan hari pelaksanaan Porprov XI NTB, Kabupaten Sumbawa berhasil mengumpulkan sebanyak 41 medali emas, 37 perak dan 55 perunggu dan berads di peringkat empat stelah, Kota Mataram, Kabupaten Dompu, dan Lombok Timur. (SS/R)
BACA JUGA  16 Medali Emas Diraih DGS di Kejuaran Karate Internasional

Share :

Baca Juga

Olahraga

Gubernur NTB Harapkan Event MXGP Menambah Sejarah Tentang Sumbawa

Olahraga

Race 1 MX2, Lucas Coenen Tercepat

Olahraga

Kru dan Pembalap MXGP Samota 2023 Tiba di Sumbawa

Olahraga

Jorge Prado Tercepat di Race 1 MXGP Samota

Olahraga

Berhadiah Puluhan Juta, Ayo Ramaikan Balap Sampan di Labuhan Ijuk

Olahraga

Abdul Rafiq Terpilih Sebagai Ketua KONI Sumbawa 2023-2027

Olahraga

MXGP Samota 2023, Wabup Tekankan Pajak Wajib Dibayar

Olahraga

Ketua KONI Sumbawa Usulkan Lapangan Panahan Samota Jadi Venue PON 2028
error: Content is protected !!