Home / Pendidikan

Rabu, 1 Maret 2023 - 21:11 WIB

Ketua PDPM Sumbawa Dikukuhkan Jadi Anggota Dewan Pendidikan

Sumbawa Besar (Sumbawasatu.com)-

Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdullah baru saja mengukuhkan 11 Anggota Dewan Pendidikan Sumbawa Periode 2023 – 2028. Pengukuhan berlangsung di Aula Lantai III Kantor Bupati Sumbawa, Rabu (01/03/2023) sore.

Diketahui, Dewan pendidikan mempunyai fungsi dalam peningkatan pelayanan pendidikan dengan memberikan pertimbangan, arahan dan dukungan tenaga, sarana dan prasarana, serta pengawasan pendidikan pada tingkat nasional, provinsi, dan kabupaten/kota. Dalam pelaksanaan fungsinya tersebut, dewan pendidikan melaksanakan secara mandiri dan profesional.

Sementara tugas Dewan Pendidikan diantaranya, menghimpun, menganalisis, dan memberikan rekomendasi kepada menteri, gubernur, bupati/walikota terhadap keluhan, saran, kritik, dan aspirasi masyarakat terhadap pendidikan. Hasil pelaksanaan tugas tersebut dilaporkan kepada masyarakat melalui berbagai metode.

Terkait pengukuhan Anggota Dewan Pendidikan Kabupaten Sumbawa oleh Bupati hari ini, salah satunya adalah Ketua Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Sumbawa (PDPM) Sumbawa Ubaidullah, M.Pd., mewakili unsur Pendidikan Berbasis Kekhasan Keagamaan/Sosial Budaya.

BACA JUGA  Imigrasi Sumbawa Minta Perusahaan Sampaikan Data WNA

Ubay kerap ia dipanggil, sehari-hari menjadi dosen di Universitas Samawa (UNSA) dan Kabid SDM dan Humas As-Siddiq Al-Chairiyah Foundation Sumbawa.

Sebagai seorang akademisi dia telah menulis 6 buah buku, baik buku teori tentang pendidikan maupun buku Ajar. Dia juga diketahui sebagai salah satu penulis buku Pelajaran Budaya Samawa.

Selain itu, ada juga beberapa artikel ilmiah populer dan artikel internasional terindeks scopus Scopus yang merupakan salah satu layanan indeksasi dan penyedia database atau pusat data jurnal.

 

Ditemui usai pengukuhan, Ubay mengatakan, dirinya siap bersinergi bersama seluruh anggota Dewan Pendidikan Sumbawa untuk membantu pemerintah dalam hal ini Bupati Sumbawa memajukan pendidikan di daerah.

BACA JUGA  Giliran Batu Tering Jadi Desa Binaan Imigrasi Sumbawa

 

Menurutnya, tidak boleh lagi ada kesenjangan di dalam dunia pendidikan. Yang paling utama, bagaimana membentuk karakter peserta didik menjadi lebih baik yang berbasis pada nilai kearifan lokal.

“Tidak boleh ada disparitas di dunia pendidikan, baik sekolah negeri maupun swasta, tidak boleh lagi ada kesenjangan dalam dunia pendidikan kita, terutama kita ingin bagaimana karakter anak didik berbasis pada nilai lokal,” tegasnya.

Untuk mewujudkan itu semua tambahnya, Dewan Pendidikan akan bersinergi dengan semua elemen yang ada. Ini semata-mata dilakukan demi memajukan pendidikan di Kabupaten Sumbawa.

“Kita tetap bekerjasama dengan semua elemen. Kita akan bergerak bersama memajukan pendidikan di Tanah Sumbawa,” pungkasnya. (SS)

Share :

Baca Juga

Pendidikan

Perjalanan nonton konser di Lombok Tengah

Pendidikan

SDN 7 Utan Kekurangan Murid Baru

Pendidikan

SDN 16 Kelola Sampah Plastik Jadi Bahan Bernilai

Pendidikan

UTS Dinilai Mampu Tingkatkan SDM dan Dorong Kemajuan Sumbawa 

Pendidikan

KKL Labuhan Bontong Berdayakan Masyarakat Melalui UMKM

Pendidikan

Capaian 5 tahun Kepemimpinan Zul-Rohmi Terhadap Pendidikan Khususnya SMKN 1 Plampang

Pendidikan

Bupati: STAI NW Samawa, Institusi Pendidikan yang Melahirkan Lulusan Mumpuni

Pendidikan

Sejumlah SD Bakal Dimerger
error: Content is protected !!