Home / Politik dan Pemerintahan

Jumat, 10 Maret 2023 - 19:25 WIB

Upaya Penurunan Stunting, Kodim 1607/Sumbawa Salurkan Bantuan Nutrisi dari Kepala Staf Angkatan Darat

Sumbawa Besar (Sumbawasatu.com)-

Salah satu program pemerintah secara nasional sampai ke daerah adalah upaya percepatan pencegahan dan penurunan angka stunting dalam meningkatkan daya saing sumber daya manusia Indonesia dalam menghadapi tantangan dunia yang semakin kompleks.

Hal tersebut disampaikan Kasdim 1607/Sumbawa, Mayor Inf Dahlan disela sela kegiatan mewakili Dandim 1607/Sumbawa Letkol Czi. Alit Setiawan dalam memberikan nutrisi tambahan bantuan bapak Kasad Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman, S.E., M.M. makanan bergizi kepada warga penderita stunting di Kelurahan Brang Bara dan Labuhan Badas Kecamatan Sumbawa, Jumat (10/3/2023).

Selain itu Kasdim juga mengungkapkan bahwa Kodim 1607/Sumbawa ikut berperan aktif bersama seluruh perangkat di daerah dalam membantu upaya percepatan penanganan stunting. Seperti diketahui pemerintah fokus pada lima pilar Strategi Nasional Percepatan Penurunan Stunting (Stranas Stunting) demi menekan prevalensi stunting dari 24,4 persen pada 2021 menjadi 14 persen pada 2024.

BACA JUGA  Turunkan Angka Kematian Balita, Pemda Sumbawa Implementasikan Pemberian Vitamin A Terintegrasi

Sebagaimana dimandatkan oleh Peraturan Presiden Nomor 72 Tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting, kelima pilar tersebut adalah komitmen dan visi kepemimpinan nasional dan daerah, komunikasi perubahan perilaku dan pemberdayaan masyarakat, konvergensi intervensi spesifik dan sensitif di pusat dan daerah, ketahanan pangan dan gizi, serta penguatan dan pengembangan sistem, data, informasi, riset, dan inovasi.

“Sejalan dengan itu, Kodim 1607/Sumbawa bersama Pemerintah Daerah dan stakeholder terkait terus melakukan berbagai upaya. Salah satunya memberikan nutrisi tambahan bantuan bapak Kasad Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman, S.E., M.M. di Kodim 1607/Sumbawa makanan berasupan gizi cukup kepada warga yang terdata penderita stunting, termasuk memberikan sosialisasi hidup sehat, makan makanan yang bergizi, penyuluhan kepada pasangan calon pra nikah, sehingga harapannya dapat menambah pengetahuan masyarakat sebagai upaya mencegah kasus stunting di Kabupaten Sumbawa,” jelas Kasdim.

BACA JUGA  22 Orang Lulusan Tehnik SMK Ikuti Seleksi Program Latih Kerja Industri

Kegiatan hari ini, lanjutnya, juga untuk menggugah rasa kemanusian, karena kasus stunting bukan semata tugas pemerintah. Tetapi  tugas bersama untuk membantu sesama manusia sebagai bentuk kepedulian.

“Semoga kegiatan kemanusian seperti ini terus dapat dilakukan serta dapat memberi manfaat kepada masyarakat termasuk dapat berdampak pada penurunan angka stunting dengan demikian potensi sumber daya manusia di Sumbawa NTB khususnya serta di Indonesia secara umum memiliki daya saing yang tinggi,” harap Kasdim.(SS/R)

Share :

Baca Juga

Politik dan Pemerintahan

Kabupaten Sumbawa Kembali Raih Penghargaan Adipura 2024

Politik dan Pemerintahan

Dorong Transformasi Digital di Sumbawa, Bupati Buka Pelatihan Government Transformation Academy

Politik dan Pemerintahan

Miliki Investasi Sosial Cukup, Bang Jen Siap Teruskan Perjuangan Yamin di DPRD Sumbawa

Politik dan Pemerintahan

Sukses Ciptakan Status Desa Mandiri dan Maju, Bupati Musyafirin Terima Penghargaan Tingkat Nasional dari Mendes PDTT

Politik dan Pemerintahan

Prodi Fisika FKIP UNSA Raih Akreditasi Baik Sekali 

Politik dan Pemerintahan

Mahasiswa KKN Tematik UNRAM Sosialisasikan Budidaya Maggot BSF

Politik dan Pemerintahan

Menuju 4 Periode Legislatif, Ratusan Warga Buin Baru Do’akan Abdul Rafiq

Politik dan Pemerintahan

Wakil Ketua 1 DPRD Kabupaten Sumbawa Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1444 H
error: Content is protected !!