Home / Pendidikan

Senin, 13 Maret 2023 - 21:37 WIB

Bupati: STAI NW Samawa, Institusi Pendidikan yang Melahirkan Lulusan Mumpuni

Sumbawa Besar (Sumbawasatu.com)-
Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Nahdlatul Wathan (NW) Samawa sukses menggelar wisuda yang ke-14, Senin (13/3/23). Prosesi puncak kelulusan tersebut  digelar meriah di Aula Hotel Sernu Raya.
Dalam wisuda ini,  kampus kenamaan Sumbawa ini sukses meluluskan sebanyak 51 orang mahasiswanya, dari  Program Studi Pendidikan Ekonomi Syariah  dan Pendidikan Agama Islam (PAI). Sehingga total ada 1.231 sarjana yang lahir dari rahim NW sejak berdiri STAI NW Samawa.
Ketua STAI Samawa Mainuddin, M.Pd.I., dalam sambutannya mengingatkan para wisudawan untuk tidak cepat berpuas diri dengan capaian hari ini.
Karenanya, ia mendorong lulusannya untuk terus berupaya  mengembangkan diri, agar menjadi pribadi yang unggul di tengah masyarakat.
“Berkaryalah dengan potensi dan keunggulan yang kita miliki, sekecil apapun karya kita lebih baik. Mari membawa manfaat bagi orang banyak. Sebaik-baiknya manusia adalah bermanfaat bagi orang banyak,” ujarnya.
Disampaikan, bahwa lulusan STAI NW Samawa  tentu  telah dididik dengan pengetahuan yang mengikuti perkembangan zaman.  Tentang nilai nilai keislaman sebagai pedoman dalam menjalani kehidupan bermasyarakat.
“Oleh karena itu, saya berharap kepada saudara-saudara agar dapat mengamalkan ilmu pengetahuannya untuk kepentingan masyarakat bangsa dan negara,”harapannya, seraya mencontohkan kiprah lulusan 2022 yang sukses lulus menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).
“Alhamdulillah pada tahun 2022 ada 23 orang lulusan  STAI NW yang lulus P3K. Ini menunjukkan indikator lulusan STAI sangat  baik. Ini merupakan amanah yang barokah,” ungkapnya.
Kepada lulusannya, ia juga  berpesan untuk tetap produktif. Tidak berhenti belajar, karena kehidupan tidak pernah berhenti memberi pelajaran.
“Setalah anda berhenti dari STAI NW, kami mengharapkan anda memiliki komitmen dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi.   Serta menjunjung tinggi alamamater STAI. Jangan sampai anda lepas kebarokahan itu, mari kita berjuang bersama sama,” pesannya.
Disampaikan juga, bahwa STAI NW Samawa telah dilakukan asesment lapangan akreditasi perguruan tinggi oleh badan akreditasi.
“Alhamdulillah mendapatkan akreditasi baik. Berkat kerja keras tim, kami mengucapkan terimakasih kepada pembimbing serta Pembina atas arahan dan suportnya kepada kami,” ujarnya.
Hal lainnya tentang kampus yang tengah dalam masa pembangunan gedung baru tersebut, yakni tengah mengembangkan dua program studi. Sehingga ke depannya  akan menjadi intitute agama Islam NW Samawa, Sumbawa besar
“Oleh karena itu kami harapkan doa dan dukungan bapak ibu agar apa yang ingin kami capai ini dapat terealisasi dengan baik,” harapnya lagi.
Sementara itu, Bupati Sumbawa dalam sambutannya yang dibacakan oleh Staf Ahli Bupati Bidang Sumberdaya Aparatur dan Kemasyarakatan Drs. Abdul Aziz., M.Si., mengucapkan selamat kepada para wisudawan STAI NW Samawa yang telah berhasil menyelesaikan pendidikannya.
“Wisuda ini bukanlah akhir dari perjuangan saudara, melainkan langkah awal menuju kehidupan masa depan. saya yakin, bekal yang saudara dapatkan selama menempuh pendidikan di STAI NW Samawa, cukup untuk bekerja sesuai dengan bidang saudara. Semoga ilmu pengetahuan yang telah saudara peroleh benar-benar dapat diaplikasikan dengan baik, sehingga membawa manfaat dan keberkahan bagi masyarakat, bangsa dan negara kita tercinta,” ungkap bupati.
Melalui kesempatan ini, atas nama pribadi dan pemerintah daerah, bupati mengucapkan terima kasih kepada STAI NW Samawa  atas peran sertanya dalam mendukung kemajuan pendidikan di tana’ samawa.
Di mana, keberhasilan pembangunan sumber daya manusia berkualitas tentu sangat dipengaruhi oleh ketersediaan lembaga pendidikan, di antaranya lembaga pendidikan tinggi yang  akan menghasilkan sumber daya manusia yang terampil, termasuk di bidang pendidikan agama.
Oleh karena itu lanjutnya, pemerintah daerah akan selalu mendukung segala upaya yang bertujuan menyediakan tenaga lulusan pendidikan tinggi yang mampu berkiprah dalam segala bidang.
“Sebagai upaya mempersiapkan SDM, masyarakat kita untuk lebih berkiprah dan mandiri dalam pengembangan potensi yang dimilikinya, saya memandang perlu adanya cendekiawan-cendekiawan muslim yang mampu memberikan pondasi yang kuat secara mental bagi masyarakat dalam menghadapi persaingan-persaingan  hidup yang cukup kompetitif di masa-masa mendatang,” ungkap bupati.
Bupati percaya, STAI NW Samawa merupakan institusi pendidikan yang dapat diandalkan untuk melahirkan lulusan yang mumpuni baik di bidang akademik maupun akhlaqnya. tantangan lainnya yang harus dihadapi adalah bagaimana para alumni ke depan dapat lebih berperan aktif dalam mendorong kemajuan daerah ini melalui berbagai karya nyata dalam pembangunan.
“Dengan demikian, insa Allah visi-misi Sumbawa Gemilang yang Berkeadaban benar-benar akan mewujud nyata dalam setiap denyut pembangunan di daerah yang kita cintai ini,” pungkasnya.
Pengurus PBNW Dr. M Tohri, S.S.,M.Pd. dalam sambutannya, menyampaikan apresiasi dan terimakasih  kepada seluruh jajaran PDNW Sumbawa. Khususnya Pengelola STAI NW Samawa atas segala ikhtiar dan upayanya  selama 18 tahun mengabdi untuk Sumbawa. Tentu telah memberikan sumbangan berarti terhadap kemajuan pendidikan khususnya di Sumbawa.
“Bapak bupati, hari ini kami menghadiahkan 51 sarjana untuk bapak pakai di Sumbawa,”ucapnya.
Disampaikan, bahwa  PBNW secara terus menerus bekerjasama dengan pemerintah daerah di seluruh Indonesia untuk memajukan pendidikan.
“Salah satu programnya, di perguruan tinggi adalah mengirim duta pejuang jadi guru yang kami tempatkan sebelum wisuda. Itu sudah berlangsung selama 4 tahun. Ini juga terinspirasi dengan program menteri pendidikan yaitu merdeka belajar,” pungkasnya.(SS/*)
BACA JUGA  Pemda Sumbawa Alokasikan 8 Persen Kenaikan Gaji ASN

Share :

Baca Juga

Pendidikan

Seminar Nasional BEM-FKIP UNSA, Bahas Tantangan dan Peran Pendidikan Abad 21 

Pendidikan

Perjalanan nonton konser di Lombok Tengah

Pendidikan

Targetkan Lolos Hibah Dikti, Mahasiswa FEB UTS Siapkan Lebih dari 100 Judul Program Kreatif

Pendidikan

Raih Akreditasi Baik Sekali dari LAMEMBA, Prodi Kewirausahaan FEB UTS: Sesuai Target

Pendidikan

Ketua DPRD Sumbawa Motivasi Kaum Milenial Menuju Kesuksesan

Pendidikan

Program Studi Bisnis Digital FEB UTS Sandang Akreditasi Baik dari LAMEMBA

Pendidikan

Kuliah Tamu FKIP UNSA Hadirkan Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbudristek RI

Pendidikan

KKL Labuhan Bontong Berdayakan Masyarakat Melalui UMKM
error: Content is protected !!