Home / Politik dan Pemerintahan

Rabu, 22 Maret 2023 - 10:00 WIB

Wabup Berikan Arahan dalam Musrenbang RKPD Kabupaten Sumbawa

Sumbawa Besar (Sumbawasatu.com)-
Wakil Bupati Sumbawa, Hj. Dewi Noviany, S.Pd., M.Pd memberikan arahan dan sambutannya pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) Kabupaten Sumbawa tahun 2024 yang digelar di Lantai III Kantor Bupati Sumbawa pada Selasa, 21 Maret 2023. Wabup memberikan apresiasi atas kehadiran para peserta.
Diakuinya, sejak dilantik tahun 2021 bersama Bupati Sumbawa, program janji politik belum sepenuhnya bisa terealisasi. Sebab, di saat itu masa pandemi dan sumber daya masih terbatas. Meski demikian, program masih bisa berjalan, dan pada awal Maret lalu Pemda Sumbawa menerima Universal Health Coverage (UHC) Award.
“Hal  ini sebagai bentuk komitmen   pemerintah Kabupaten Sumbawa agar masyarakatnya betul-betul dilindungi  di bidang kesehatannya,” ucapnya.
Dengan UHC, jelasnya,  pelayanan kesehatan menjadi  skala prioritas. Jadi, ketika anak, orang tua keluarga di Kabupaten Sumbawa sakit, maka yang ber KTP Sumbawa bisa menunjukkannya pada fasilitas kesehatan terdekat yang tercover semuanya melalui program BPJS. Jika belum tercover, maka sambil jalan BPJS akan diurus dan pelayanan kesehatannya diutamakan lebih dahulu. Meskipun demikian, skala prioritas yang masuk dalam BPJS kesehatan program ini tentunya yang pantas mendapatkan.  “Masa yang kaya  urus SKTM. Tentu yang ekonominya lemah yang mendapatkan fasilitas ini, dalam pelayanan di puskesmas maupun yang ada di Rumah Sakit Umum,” terang Wabup.
Terkait Musrenbang, lanjutnya, ini menjadi forum utama menyalurkan dan memperjuangkan aspirasi masyarakat untuk menjadi bahan penyusunan rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) pada APBD tahun 2024. “Saya selalu mengingatkan agar 10 program unggulan yang tercantum di dalam RPJMD Kabupaten Sumbawa tahun 2021 sampai tahun 2026 agar dapat dikawal implementasinya dalam program tahunan,  hingga memastikan pendanaannya secara maksimal,” kata Wabup.
Memang secara fisik, ungkap Wabup, membutuhkan perjuangan yang panjang. Mulai dari Musrenbang desa, kelurahan, kecamatan dan sekarang kabupaten. Nanti setelah di kabupaten diteruskan ke provinsi, setelah ke provinsi ke tingkat nasional. Maka pasti ada skala prioritas dari  Bappeda seperti pembangunan infrastruktur. Karena apapun program pemerintah itu, ketika infrastrukturnya belum maksimal, belum begitu bagus hasilnya secara ekonomi juga akan lemah.
“Sehingga  kami meminta kepada Pemerintah Provinsi NTB untuk dapat mengakomodir banyak banyak. Demikian juga kepada OPD agar betul-betul diprioritaskan terkait SPM bidang pendidikan, kesehatan dan sosial termasuk untuk  ibu dan anak,” terangnya.
Dalam kesempatan  itu, Wabup Sumbawa juga mengajak untuk mensukseskan  event Internasional MXGP sebagai pendongkrak perekonomian daerah, juga  untuk melek informasi digital. “Sekarang sudah tidak boleh menutup diri,  karena orang yang tidak peka informasi digital dan globalisasi maka dia akan tertinggal.  Mari kita sama-sama bergotong-royong berkolaborasi bersinergi untuk Sumbawa Gemilang yang Berkeadaban,” pungkasnya.(SS/R)
BACA JUGA  Surat Edaran Bupati Disusun, Percepat Kabupaten ODF dan STBM

Share :

Baca Juga

Politik dan Pemerintahan

Survei Presisi, Elektabilitas Rohmi-Firin Tertinggi di Lombok Timur

Politik dan Pemerintahan

Songsong Pemilu 2024,  PDIP Upayakan Kerja Tim Raih Delapan Kursi DPRD Sumbawa

Politik dan Pemerintahan

Caleg Dapil NTB 5 Abdul Rahim dari PDIP Siap Wakili dan Perjuangkan Suara Pemuda di Udayana

Politik dan Pemerintahan

KPU Sumbawa Mulai Terima Pengajuan Balon Anggota DPRD

Politik dan Pemerintahan

Dandim 1607/Sumbawa Serahkan Kunci Rumah Warga Usai Direhab

Politik dan Pemerintahan

Pemerintah Resmi Cabut Kebijakan PPKM Mulai Hari Ini

Politik dan Pemerintahan

Kapal RS Apung PDIP Laksamana Malahayati Gelar Pengobatan Gratis di Kabupaten Sumbawa

Politik dan Pemerintahan

Polres Bima Musnahkan Gelanggang Judi Sabung Ayam
error: Content is protected !!