Home / Ragam

Senin, 17 April 2023 - 15:46 WIB

Kapolres Sumbawa Pimpin Gelar Pasukan Operasi Ketupat Rinjani 2023

Sumbawa Besar (Sumbawasatu.com)-

Dalam rangka pengamanan Idul Fitri 1444 H, Polres Sumbawa Polda NTB laksanakan upacara gelar pasukan Operasi Ketupat Rinjani 2023 di Lapangan Apel Mapolres Sumbawa, pada Senin 17 April 2023 pagi.

Upacara dipimpin langsung Kapolres Sumbawa Polda NTB AKBP Henry Novika Chandra S.I.K, MH., dan dihadiri oleh para tamu undangan serta diikuti oleh seluruh pasukan dari instansi terkait.

Kapolres Sumbawa saat membacakan amanat Kapolri menerangkan bahwa upacara gelar pasukan Operasi Ketupat 2023 dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia, mulai dari tingkat Mabes Polri hingga satuan kewilayahan.

“Apel gelar pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat 2023. Kegiatan ini juga merupakan wujud nyata sinergisitas Polri dengan stakeholder terkait dalam rangka mengamankan mudik dan perayaan hari raya Idul Fitri 1444 H,” ungkapnya.

BACA JUGA  Cegah Fatalitas Kecelakaan, Polres Sumbawa Gelar Lomba Safety Riding

Lebih lanjut AKBP Henry, oleh sebab itu, Polri bersama stakeholder terkait berkomitmen untuk melaksanakan pengamanan secara lebih optimal, melalui Operasi Terpusat dengan sandi “Ketupat 2023” selama 14 hari sejak 18 April sampai dengan 1 Mei 2023. Operasi ini telah diawali dengan KRYD tanggal 10 sampai dengan 16 April 2023 dan akan dilanjutkan pasca operasi tanggal 2 sampai dengan 9 Mei 2023.

Operasi Ketupat 2023 melibatkan 148.261 personel gabungan yang terdiri dari TNI-Polri, Kementerian terkait, BNPB, BMKG, Basarnas, Pertamina, Jasa Raharja, Jasa Marga, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Pramuka dan Mitra Kamtibmas lainnya. Para personel tersebut nantinya akan menempati 2.787 Pos dengan rincian 1.857 Pos Pengamanan, 713 Pos Pelayanan dan 217 Pos Terpadu.

BACA JUGA  Hama Belalang Serang Tanaman Jagung di Sumbawa

“Berbagai langkah dalam Operasi Ketupat 2023 diharapkan mampu berjalan dengan baik, sehingga kita dapat memastikan kelancaran hari raya Idul Fitri 1444 H, serta mewujudkan “Mudik yang Aman dan Berkesan” begitu pula pada saat arus balik,” jelas Kapolres.

Diakhir amanatnya, Kapolres Sumbawa menyampaikan agar para personel yang terlibat Operasi Ketupat Rinjani 2023 untuk melaksanakan tugas dengan sungguh-sungguh. Mengutamakan langkah-langkah humanis, buddy system dan SOP, mengecek perlengkapan sarana dan prasarana, memastikan langkah-langkah arus mudik dapat diterapkan dengan baik, pastikan informasi publik dapat tersampaikan dengan baik, serta perkuat sinergitas dengan stakeholder terkait.(SS/R)

Share :

Baca Juga

Ragam

Polres Sumbawa Barat Bersama TNI Salurkan Bansos di Kawasan Pelabuhan

Ragam

Rivan A Purwantono : Kolaborasi Kunci Kecepatan Santunan Korban Laka Bus Ciater

Ragam

Imigrasi Sumbawa Deportasi Lima Warga Tiongkok

Ragam

Tanggulangi Banjir Empang, DPRD Dorong Pemda Lakukan Langkah Konkret

Ragam

Perbedaan Data Pemohon Paspor, Imigrasi Sumbawa Rakor Antar Instansi Samakan Persepsi

Ragam

Tekan Angka Kecelakaan, Jasa Raharja Dorong Turis Mancanegara di Bali Disiplin Berlalu Lintas 

Ragam

Perkuat Pengawasan Orang Asing, Imigrasi Sumbawa Gelar Operasi Jagratara

Ragam

Sasar Mahasiswa, Imigrasi Sumbawa Gelar Sosialisasi Keimigrasian
error: Content is protected !!