Home / Olahraga

Selasa, 18 April 2023 - 18:04 WIB

Sirkuit Samota Mulai Dibenahi Mei Mendatang

Sumbawa Besar (Sumbawasatu.com)-

Penampakan Sirkuit Samota Kabupaten Sumbawa, NTB, pada MXGP 2023, sedikit berbeda dari MXGP 2022 lalu. Meski panjang dan alur track-nya tidak berbeda, namun fasilitas dan sarpras yang ada di dalamnya akan bertambah. Salah satu faktornya adalah status kepemilikan lahan, dari sebelumnya pinjam pakai, kini telah menjadi milik Pemda Sumbawa, dengan luas lahan sekitar 70 hektar. Dengan status milik Pemda, maka lahan tersebut bisa dipermak sesuai keinginan, termasuk mendirikan berbagai fasilitas secara permanen.

Asisten Pembangunan Sekda Sumbawa, Lalu Suharmaji Kertawijaya, ST., MT, saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa, 18 April 2023 mengatakan, perbaikan Sirkuit MXGP Samota mulai dilakukan pada 18 Mei 2023. Sirkuit didesain oleh Mr. Greg selaku perancang Sirkuit MXGP dari Infront. Untuk perbaikan Sirkuit MXGP Samota, tidak terlalu berat. Hanya membenahi lapisan tanah. Sebab selama setahun tidak terpakai, lapisan tanah menyatu di satu tempat, karena tergerus air hujan. Di lokasi sirkuit juga akan ditambah jumlah kolam dari sebelumnya 4 menjadi 6 kolam. Kemudian dibangun sumur bor di beberapa titik untuk memenuhi kebutuhan air. Selanjutnya tribun VVIP juga ditambah dari satu menjadi dua tempat dengan desain yang lebih representatif. Satunya berada di tengah sirkuit sehingga penonton bisa melihat lokasi itu dengan background pegunungan sekaligus pemandangan laut. Untuk mengakses VVIP ini melalui terowongan yang atasnya merupakan jalur motor. “Saat melewati terowongan itu, ada sensasi yang dirasakan, karena di atasnya dilintasi para raider yang sedang menggeber motornya,” ujar Mamiq Suharmaji, sapaan akrab pejabat yang dipercaya menjadi komandan lapangan.

BACA JUGA  MXGP Samota 2023 Dimulai, Bupati Sumbawa Harapkan Ada Peningkatan Prestasi 

Untuk diketahui, track Sirkuit Samota memiliki 18 tikungan, 11 tantangan, dan panjangnya 1,9 kilometer. Kondisi track di Sirkuit Samota mengikuti kontur lokasi dengan perbukitan dan landscape yang indah seputar 360 derajat mata memandang. Sirkuit MXGP Samota memiliki 3 pintu yakni, pintu masuk penonton, pintu khusus di jalur tengah sebagai akses emergency dan pintu VVIP. Pemandangan di sirkuit Samota, hamparan lautan memagari utara sirkuit, dan Pulau Moyo mengintip cantik di sisi timur sirkuit. Selanjutnya Jembatan Samota kokoh menyambut kehadiran para peserta dan tamu. (SS)

BACA JUGA  Survey OMI, Kehadiran UTS Permudah Masyarakat Sumbawa Kuliah di Dalam Daerah

Share :

Baca Juga

Olahraga

Sumbawa Protes, Jatah Emas Tinju Raib

Olahraga

Pembalap Prancis Romain Febvre Juara MXGP Samota 2023

Olahraga

Bupati Sumbawa Terima Kunjungan KONI Pusat Untuk Persiapan PON 2028 NTB-NTT

Olahraga

Dominasi 2 Race, Lucas Coenen Juarai MX2 Samota

Olahraga

30.000 Tiket MXGP 2023 Terjual

Olahraga

Perpani Sumbawa Kirim 15 Atlet Ikut Kejurnas di Sentul Bogor

Olahraga

Atlet Sumbawa Juara di Borobudur Marathon 2023

Olahraga

Raja Tanjakan Indonesia Siap Jajal Sirkuit Seloto Bersama DR Zul
error: Content is protected !!