Home / Politik dan Pemerintahan

Senin, 15 Mei 2023 - 00:03 WIB

KPU Sumbawa Tetapkan DPSHP, 3.884 Pemilih Berkurang

Sumbawa Besar (Sumbawasatu.com)-

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumbawa menetapkan Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) Pemilu tahun 2024, sebanyak 374.377 dengan rincian pemilih laki-laki sebanyak 184.555 dan pemilih perempuan sebanyak 189.822. Penetapan DPSHP dilakukan pada rapat pleno terbuka, pada Jumat 12 Mei 2023.

Ketua Divisi Perencanaan, Data dan Informasi (Perdatin) KPU Kabupaten Sumbawa, Muhammad Kaniti menyampaikan, rekapitulasi penetapan DPSHP ini memang mengalami pengurangan sebanyak 3.884 pemilih dari DPS sebanyak 378.261 dengan rincian laki-laki 187.474 dan perempuan 191.787. Pengurangan ini dipengaruhi oleh adanya pemilih tidak memenuhi syarat sebanyak 4.705. Namun ada pula penambahan pemilih baru sebanyak 821 orang, dan pemilih potensial non KTP-el sebanyak 10.204 pemilih.

Penetapan DPSHP tersebut merupakan salah satu tahapan yang dilalui dalam pemutakhiran data pemilih pada pada tahapan pemilihan umum tahun 2024, setelah melalui proses penetapan DPS dan menerima masukan maupun tanggapan dari masyarakat, parpol dan pengawas pemilu secara berjenjang dari tingkat desa/kelurahan, kecamatan maupun kabupaten.

BACA JUGA  Visi Sumbawa MAS Berkelanjutan Didukung Delapan Misi Strategis

Di samping masukan dan tanggapan tersebut, DPSHP yang ditetapkan juga merupakan hasil pencermatan DPS oleh PPS, PPK dan KPU Kabupaten Sumbawa terhadap data pemilih yang sudah meninggal dunia setelah penetapan DPS, pindah alamat, berada di luar negeri.

Ada juga terdeteksi ganda di dalam satu desa atau antar desa dalam kecamatan yang sama, ganda antar kecamatan dalam satu kabupaten, ganda antar kabupaten dalam satu provinsi maupun ganda antar kabupaten antar provinsi serta ganda luar negeri.

Pada tahapan selanjutnya, yakni pengumuman kepada masyarakat untuk menerima masukan dan tanggapan atas penetapan DPSHP mulai tanggal 17 Mei hingga 23 Mei 2023.

Lalu, memasuki tahapan penyusunan Daftar Pemilih Tetap (DPT) terhitung sejak 21 Mei hingga 31 Mei. Pada tahapan ini, antara lain KPU Kabupaten Sumbawa melaksanakan perbaikan DPSHP dan penyusunan DPSHP akhir yang dilaksanakan oleh PPS di tingkat desa/kelurahan terhitung dari tanggal 21 Mei hingga 31 Mei.

BACA JUGA  Resmi Terbentuk, Relawan Big Bro Comunity Kabupaten Sumbawa Siap Menangkan Ganjar-Mahfud

Selanjutnya melaksanakan rekapitulasi DPSHP akhir secara berjenjang mulai dari tingkat PPS pada tanggal 1-2 Juni, tingkat PPK pada tanggal 3-5 Juni.

Setelah itu KPU Kabupaten Sumbawa melakukan penyusunan DPSHP akhir untuk ditetapkan menjadi DPT sejak 6 Juni hingga 16 Juni (sepuluh hari). Kemudian menetapkan DPT pada rentang tanggal 20-21 Juni tahun 2023.

“Data DPSHP ini masih bersifat sangat dinamis sehingga masih perlu penyempurnaan melalui masukan dan tanggapan masyarakat. Maka dari KPU Kabupaten Sumbawa hingga jajaran tingkat PPK dan PPS masih harus mencermati Kembali akurasi data pemilih. Tujuannya supaya DPT yang akan ditetapkan benar-benar akurat dan dapat dipertanggungjawabkan,” pungkasnya.(SS/R)

Share :

Baca Juga

Politik dan Pemerintahan

Rakorda se-Pulau Sumbawa, PDIP Dukung Abdul Rafiq Maju di Pilkada Sumbawa

Ekonomi dan Bisnis

PAD dari KIR Baru Mencapai 57,9 Persen

Politik dan Pemerintahan

Bupati Sumbawa Resmikan Listrik 24 Jam di Sebotok

Politik dan Pemerintahan

Ridwan Siap Perjuangkan Aspirasi Warga Kebayan

Politik dan Pemerintahan

Menko PMK Apresiasi Upaya Penanganan Stunting Pemda Sumbawa

Politik dan Pemerintahan

Berbagai Kegiatan Akan Meriahkan HUT ke-64 Kabupaten Sumbawa

Politik dan Pemerintahan

Resmi Terbentuk, Relawan Big Bro Comunity Kabupaten Sumbawa Siap Menangkan Ganjar-Mahfud

Politik dan Pemerintahan

KPU Sumbawa Tetapkan Sekretaris dan Staf Sekretariat PPK
error: Content is protected !!