Home / Pendidikan

Senin, 12 Juni 2023 - 19:54 WIB

Seminar Nasional BEM-FKIP UNSA, Bahas Tantangan dan Peran Pendidikan Abad 21 

Sumbawa Besar (Sumbawasatu.com)-

Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (BEM-FKIP) Universitas Samawa (UNSA) Sumbawa Besar menggelar Seminar Pendidikan Nasional mengungkap Peran Pendidikan Abad-21 dalam Meningkatkan Kualitas Pendidik dan Generasi Muda.

Kegiatan yang dilaksanakan Senin 12 Juni 2023 pagi di Auditorium UNSA ini, dihadiri Kepala Dinas Dikbud, Dewan Pendidikan, Dekan, Kaprodi, dan Dosen FKIP UNSA. Serta diikuti oleh 180 orang peserta dari delegasi mahasiswa seUNSA, dan guru dari sekolah di Wilayah Kecamatan Batulanteh.

Seminar Pendidikan Nasional ini mengupas sejumlah materi berkaitan dengan dunia pendidikan. Pertama, motivasi pendidikan dan pendidikan karakter dalam proses pembelajaran, disampaikan oleh Ubaidullah, M.Pd Anggota Dewan Pendidikan Kabupaten Sumbawa.

BACA JUGA  Perjalanan nonton konser di Lombok Tengah

Kedua, materi terkait dengan potret pendidikan Kabupaten Sumbawa di masa mendatang, disampaikan oleh Dr. M. Ikhsan Safitri, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sumbawa.

Ketua BEM FKIP UNSA, Candra Nanang Gosali menyampaikan, seminar ini bertujuan untuk mendiskusikan tantangan dan peran pendidikan di era abad 21 dalam.

Ia menjelaskan, pentingnya peran pendidikan abad 21 dalam menghadapi perkembangan dunia yang semakin kompleks. Sehingga, menurutnya dapat digarisbawahi bahwa pentingnya pendidikan yang memfokuskan pada pengembangan keterampilan abad 21. Seperti keterampilan kritis, kolaborasi, komunikasi, dan kreativitas, yang diperlukan untuk menghadapi tantangan masa depan.

“Dengan upaya kolaboratif dan adanya kesadaran akan pentingnya pendidikan yang relevan, diharapkan bahwa masyarakat akan mampu menghadapi tantangan masa depan dengan lebih baik, melalui pendidikan yang berkualitas dan responsif terhadap kebutuhan zaman,” ungkapnya.

BACA JUGA  SDN 16 Kelola Sampah Plastik Jadi Bahan Bernilai

Pada kesempatan yang sama, Dekan FKIP UNSA, Erma Suryani, M.Pd., berharap seminar pendidikan nasional ini menjadi awal untuk lebih memperkuat peran pendidikan abad ke 21 dalam meningkatkan kualitas pendidik dan generasi muda di Kabupaten Sumbawa.
“Kita harapkan melalui kegiatan ini dapat menambah ilmu bagi para peserta,” ujarnya.

Ke depan tambahnya, kegiatan semacam ini akan terus dilaksanakan. Hal ini dilakukan sebagai bentuk dukungan FKIP UNSA terharap kemajuan dunia pendidikan tanah air khususnya di Kabupaten Sumbawa.(SS/R)

Share :

Baca Juga

Pendidikan

Targetkan Lolos Hibah Dikti, Mahasiswa FEB UTS Siapkan Lebih dari 100 Judul Program Kreatif

Pendidikan

Diikuti 16 Sekolah, Museum Sumbawa Gelar Lomba Cerdas Cermat

Pendidikan

Capaian 5 tahun Kepemimpinan Zul-Rohmi Terhadap Pendidikan Khususnya SMKN 1 Plampang

Pendidikan

Wabup Luncurkan Program Sabtu Budaya di SMPN 2 Moyo Hilir

Pendidikan

SDN 7 Utan Kekurangan Murid Baru

Pendidikan

DPKS Temukan Berbagai Persoalan di Sekolah Wilayah Timur

Pendidikan

UTS Dinilai Mampu Tingkatkan SDM dan Dorong Kemajuan Sumbawa 

Pendidikan

Bupati: STAI NW Samawa, Institusi Pendidikan yang Melahirkan Lulusan Mumpuni
error: Content is protected !!