Home / Olahraga

Jumat, 14 Juli 2023 - 08:57 WIB

Abdul Rafiq Terpilih Sebagai Ketua KONI Sumbawa 2023-2027

Sumbawa Besar (Sumbawasatu.com)-

Abdul Rafiq terpilih menjadi Ketua KONI Kabupaten Sumbawa periode 2023 – 2027. Rafiq terpilih secara aklamasi dalam Musyawarah Olahraga Kabupaten (Musorkab) yang terlaksana pada Kamis, 13 Juli 2023 malam, di Olive Foodcourt Kerangka Baja Sumbawa.

Sebelum pelaksanaan dimulai, terlebih dahulu para peserta memilih pimpinan Musorkab. Dan jatuh pada tiga nama yakni Ahmadul Kusasi, Muhammad Yamin dan Hamzah Abdullah.
Sebanyak 32 pengurus Cabang Olahraga (Cabor) dibawah binaan KONI Sumbawa, hadir dalam Musorkab tersebut. Namun hanya 29 Cabor yang memiliki hak suara, sisanya menjadi peninjau.

Dalam kesempatan itu, pimpinan sidang meminta Ketua KONI Sumbawa periode 2019 – 2023, Syamsul Fikri untuk memberikan laporan pertanggungjawaban selama menjabat.

Diungkapkan, saat ini ada beberapa Cabor baru yang lahir di Sumbawa. Selain itu, sejumlah Cabor juga mulai memiliki prestasi yang baik. Hal itu terbukti saat Porprov yang terlaksana awal 2023 lalu di Mataram. Terkait anggaran, Fikri mengungkapkan setiap tahunnya anggaran yang diterima KONI Sumbawa meningkat. Itu digunakan untuk pembinaan di masing-masing Cabor, operasional sekretariat dan lainnya. “Anggaran yang paling besar adalah di tahun 2023 ini yang mencapai sekitar Rp 4 miliar, karena ada Porprov,” terangnya.

BACA JUGA  Ketua DPRD Siap Support DPKS

Pada pelaksanaan sidang penentuan Ketua, pimpinan kemudian menetapkan Abdul Rafiq sebagai Ketua KONI Sumbawa terpilih, untuk periode 2023 – 2027. Hal itu setelah Rafiq menyerahkan dana kesanggupan sebesar Rp 25 juta kepada KONI Sumbawa, sebagai salah satu syarat mencalonkan diri. Selain itu, terpilihnya Rafiq juga berdasarkan surat pernyataan dukungan Cabor, yang sebagian besarnya menunjuk Abdul Rafiq sebagai Ketua terpilih.

Dalam sambutannya, Ketua KONI Sumbawa terpilih, Abdul Rafiq mengungkapkan kesiapannya untuk memimpin KONI Sumbawa. Modal yang dimiliki untuk memimpin organisasi olahraga ini cukup banyak. Dimana ia memiliki pengalaman selama sekitar 20 tahun menjadi atlet bulutangkis Kabupaten Sumbawa. Bahkan Rafiq juga saat ini masih menjabat sebagai Ketua Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Sumbawa.

Modal lainnya yang dimiliki yakni, dirinya juga merupakan pimpinan Partai Politik besar dua periode. Selain itu, Rafiq juga saat ini menjabat sebagai Ketua DPRD Sumbawa. Dan yang paling penting menurutnya adalah, mendapat dukungan dari Pemda Sumbawa untuk memimpin KONI. “Inilah modal saya untuk menjadi Ketua KONI. Sehingga saya berharap bisa membawa prestasi bagi olahraga di Kabupaten Sumbawa,” harapnya.

BACA JUGA  Trabas JAS #2 Juni 2024, Kebas Seloto Buka Jalur Siapkan Petualangan yang Aman dan Menarik

Diungkapkan, tantangan untuk meraih prestasi olahraga di daerah ini pasti ada. Sehingga ia butuh dukungan semua pihak termasuk Cabor, agar bersama-sama menuntaskan tantangan yang akan dihadapi ke depan. “Tantangan pasti ada, dan harus kita hadapi dan tuntaskan itu semua. Saya yakin dengan teman-teman Cabor, dan Pengurus KONI yang dibentuk nantinya kita mampu mengharumkan nama Sumbawa melalui atlet kita. Mohon bimbingan dan arahannya,” tutur Rafiq.

Dalam pembukaan Musorkab, hadir Bupati Sumbawa yang diwakili Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata, Irawan Subekti, Ketua KONI NTB yang diwakili Bidang Hukum, AKBP Hurri Nugroho, Kabid Organisasi KONI NTB, Agus Hakim, pengurus KONI Sumbawa, serta para pengurus Cabor. (SS/*)

Share :

Baca Juga

Olahraga

20.000 Tiket MXGP Sumbawa-Lombok 2023 Terjual

Olahraga

Suwandi Juara di Event UI Ultra Marathon 70 KM

Olahraga

Sirkuit Samota Mulai Dibenahi Mei Mendatang

Olahraga

Ketua KONI Sumbawa Usulkan Lapangan Panahan Samota Jadi Venue PON 2028

Olahraga

Race 1 MX2, Lucas Coenen Tercepat

Olahraga

Enam Atlet Perpani Sumbawa Lolos Selekda PraPON NTB

Olahraga

Perpani Sumbawa Kirim 15 Atlet Ikut Kejurnas di Sentul Bogor

Olahraga

Grass Track Motor Cross dan Main Jaran Sambut MXGP Samota 2023
error: Content is protected !!