Home / Pendidikan

Kamis, 20 Juli 2023 - 15:06 WIB

Diikuti 16 Sekolah, Museum Sumbawa Gelar Lomba Cerdas Cermat

Sumbawa Besar (Sumbawasatu.com)-

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sumbawa melalui UPT Museum Daerah menggelar Lomba Cerdas Cermat Museum (LCCM) tingkat Kabupaten Tahun 2023. Kegiatan yang dilaksanakan di Gedung UPT Museum Daerah Sumbawa, Kamis (20/7) ini diikuti oleh 16 Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Adapun yang menjadi juara pertama yakni SMPN 1 Moyo Hulu, juara dua SMPN 1 Sumbawa, juara tiga SMPN 1 Labuhan Badas, dan juara empat SMPN 3 Sumbawa.

Kepala Dinas Dikbud Kabupaten Sumbawa melalui Kepala Bidang Kebudayaan, Sutan Sahril kepada wartawan menyampaikan, LCCM yang diadakan oleh Museum Daerah merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya. Tujuannya untuk memperkenalkan museum kepada masyarakat, khususnya para pelajar.

BACA JUGA  Empat Mahasiswa UNSA Lulus Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Angkatan III 2023

“Kegiatan LCC Museum ini bertujuan untuk, pertama menyampaikan kepada para peserta itu, agar memahami apa-apa koleksi di museum ini dan dalam rangka memperkenalkan benda-benda cagar budaya yang ada di Kabupaten Sumbawa kepada masyarakat kepada para generasi muda,” ujarnya.

Disebutkannya, LCC Museum diikuti oleh 16 sekolah se-Kabupaten Sumbawa. Dengan materi lomba tentang sejarah kebudayaan daerah, provinsi dan nasional.

BACA JUGA  Baliho Rohmi-Firin Hilang dan Rusak di Sejumlah Titik di Sumbawa

“Yang masuk ke final dua terbaik akan mewakili kabupaten ke tingkat provinsi sekitar bulan Agustus depan. Setelah itu nanti yang juara akan lanjut ke tingkat nasional. Materinya tentang sejarah kebudayaan daerah, termasuk provinsi dan nasional,” jelas Sutan.

Selain itu, lanjut Sutan, para pemenang lomba nantinya juga akan mendapatkan hadiah pembinaan dan piala. Kemudian sertifikat untuk seluruh peserta lomba.

“Sertifikat bagi seluruh peserta karena itu penting dalam rangka memberikan semangat kepada peserta untuk mengikuti kegiatan-kegiatan ini di masa mendatang,” pungkasnya.(SS/*)

Share :

Baca Juga

Pendidikan

Survey OMI, Kehadiran UTS Permudah Masyarakat Sumbawa Kuliah di Dalam Daerah

Pendidikan

KKL Labuhan Bontong Berdayakan Masyarakat Melalui UMKM

Pendidikan

Sekelas Dua Rombel, Murid Berdesakan dan Tempati Kelas Darurat

Pendidikan

Kekurangan Ruangan, Satu Rombel SDN 1 Utan Belajar di Teras

Pendidikan

Evaluasi Pokok Kebijakan Merdeka Belajar, Catatan untuk Mas Menteri

Pendidikan

Perjalanan nonton konser di Lombok Tengah

Pendidikan

Ketua DPRD Minta Pemda Atensi Persoalan Penempatan PPPK

Pendidikan

Program Studi Bisnis Digital FEB UTS Sandang Akreditasi Baik dari LAMEMBA
error: Content is protected !!