Home / Ragam

Rabu, 23 Agustus 2023 - 12:58 WIB

Cegah TPPO, Imigrasi Sumbawa Bentuk Desa Binaan

Sumbawa Besar (Sumbawasatu.com)

Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sumbawa Besar, Kanwil Kemenkumham NTB mengadakan sosialisasi membentuk desa binaan Imigrasi di Desa Lekong Kecamatan Alas Barat Kabupaten Sumbawa. Ini dilakukan guna mencegah kasus Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO).

Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Plh Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sumbawa Besar Kepala Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian, Erna Loreta Silalahi tersebut bertempat di Balai Desa Lekong. Sebagai narasumber Kepala Seksi Intelijen dan Penindakan Yusa Setya Budi, Kepala Subseksi Intelijen Keimigrasian Brian Wiharja dan Kepala Subseksi Ijin Tinggal Keimigrasian Sudirman Supriadi.

Turut hadir Sekretaris Kecamatan Amiruddin, Kepala Desa Lekong Muhammad Kasum, Babinsa, Babinkamtibnas serta warga dan ketua RT/RW setempat.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka upaya pencegahan terhadap Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) dan Tindak Pidana Penyelundupan Manusia (TPPM) sebagaimana diamanatkan dalam Pasal 89 Undang-Undang Nomor 6 Tentang Keimigrasian 2011 dan Surat Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Nusa Tenggara Barat nomor UMI.4-GR.04.01-691 Pembentukan Desa Binaan.

Plh Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sumbawa Besar Kanwil Kemenkumham NTB Erna Loreta Silalahi, mengatakan pembentukan desa binaan imigrasi merupakan terobosan yang bertujuan untuk memberikan informasi terkait keimigrasian dan pencegahan TPPO.

BACA JUGA  Pembalap Prancis Romain Febvre Juara MXGP Samota 2023

“Fokus dari program Desa Binaan ini nantinya adalah memberikan kemudahan akses informasi terkait permohonan paspor RI dengan melibatkan perangkat desa sebagai perpanjangan tangan Kantor Imigrasi,” ujarnya.

Ia mengatakan bahwa program ini juga diharapkan mampu untuk menekan jumlah pekerja migran indonesia (PMI) yang bekerja secara Non Prosedural diluar sana.

“Dengan adanya kerja sama dengan desa yang terpilih menjadi desa binaan imigrasi ini nantinya juga dapat menjadi perpanjangan pihak Imigrasi untuk menyebarluaskan informasi akan bahaya kasus TPPO kepada masyarakat,” terangnya.

Perdagangan Orang adalah tindakan perekrutan, pengangkutan, penampungan, pengiriman, pemindahan, atau penerimaan seseorang dengan ancaman kekerasan, penggunaan kekerasan, penculikan, penyekapan, pemalsuan, penipuan, penyalahgunaan kekuasaan atau posisi rentan, penjeratan utang atau memberi bayaran atau manfaat.

Sehingga memperoleh persetujuan dari orang yang memegang kendali atas orang lain tersebut, baik yang dilakukan di dalam negara maupun antar negara, untuk tujuan eksploitasi atau mengakibatkan orang tereksploitasi.

Menurut Kepala Desa Lekong Muhammad Kasum, masyarakat desa Lekong yang berada di luar negeri termasuk tanggung jawab pemerintah daerah hingga desa. “Mereka pasti sudah memiliki rencana dan mungkin menjadi pilihan terakhir untuk bekerja di luar negeri. Saya berharap ini menjadi rujukan mereka,” harapnya.

BACA JUGA  Komisi VI DPR RI Apresiasi PLN Atasi Oversupply melalui Optimasi Kontrak IPP Hingga Rp 47 T

Saat ini Dinas Ketenagakerjaan juga mengadakan program pelatihan terkait dengan para calon pekerja migran. Dengan adanya pelatihan tersebut diharapkan para pekerja migran memiliki skill, sehingga bisa survival di negeri orang.

“Banyak masyarakat awam yang berduyun-duyun untuk mendaftar pekerjaan tersebut. Oleh sebab itu kami perlu mencegah hal ini terjadi dengan memberikan informasi akan bahaya tindak pidana ini kepada masyarakat,” jelasnya.

Senada dengan itu, Kepala Camat Alas Barat yang di wakili oleh Sekretaris Amiruddin  mengapresiasi pihak Imigrasi yang telah menggelar kegiatan sosialisasi TPPO dan membentuk desa binaan Imigrasi di Desa Lekong ini.

“TPPO merupakan isu nasional, oleh sebab itu kita perlu memberikan informasi kepada masyarakat akan masalah ini. Jangan sampai warga kita nantinya menjadi korban,” katanya.

Ia mengatakan ini salah satu cara pencegahannya dengan memberdayakan desa binaan Imigrasi. Nantinya diharapkan menjadi pusat informasi kepada masyarakat terkait sekitar.

Di tengah kegiatan sosialisasi tersebut Kantor Imigrasi Sumbawa Besar memberikan piagam penghargaan yang diterima oleh Kepala Desa Lekong.(SS/R)

Share :

Baca Juga

Ragam

Polisi di Sumbawa Patroli ke Pasar Malam

Ragam

Fashion Show di Bandara Sumbawa Upaya Menghormati Kaum Ibu

Ragam

Cegah Fatalitas Kecelakaan, Polres Sumbawa Gelar Lomba Safety Riding

Ragam

Tanaman Petai, Harapan Baru Masyarakat Batudulang Sumbawa

Ragam

Peringatan Hari Bhayangkara, Kakanim Perkuat Sinergitas dengan Kapolres dan Dandim

Ragam

Imigrasi Gelar Operasi Jagratara di KSB

Ragam

Sasar Mahasiswa, Imigrasi Sumbawa Gelar Sosialisasi Keimigrasian

Ragam

Kapolda NTB Safari Ramadhan di Sumbawa
error: Content is protected !!