Home / Ragam

Kamis, 24 Agustus 2023 - 19:22 WIB

Giliran Batu Tering Jadi Desa Binaan Imigrasi Sumbawa

Sumbawa Besar (Sumbawasatu.com)-

Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sumbawa Besar, Kanwil Kemenkumham NTB terus melakukan upaya guna mencegah kasus Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO). Salah satunya dengan melaksanakan sosialisasi membentuk desa binaan. Setelah Desa Lekong, Kecamatan Alas Barat, kini giliran Desa Baru Tering, Kecamatan Moyo Hulu dibentuk jadi desa binaan.

Kegiatan yang dipimpin langsung Plh. Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sumbawa Besar Kepala Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian Erna Loreta Silalahi tersebut bertempat di balai desa Batu Tering. Sebagai narasumber Kepala Seksi Intelijen dan Penindakan Yusa Setya Budi, Kepala Subseksi Intelijen Keimigrasian Brian Wiharja dan Kepala Subseksi Ijin Tinggal Keimigrasian Sudirman Supriadi. Turut hadir Kepala Desa Batu Tering Alwan Hidayat serta warga setempat.

Menurut Kepala Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian Erna Loreta Silalahi, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka upaya pencegahan terhadap Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) dan Tindak Pidana Penyelundupan Manusia (TPPM) sebagaimana diamanatkan dalam Pasal 89 Undang-Undang Nomor 6 Tentang Keimigrasian 2011 dan Surat Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Nusa Tenggara Barat nomor UMI.4-GR.04.01-691 Pembentukan Desa Binaan.

BACA JUGA  Kapolda NTB Safari Ramadhan di Sumbawa

“Fokus dari program Desa Binaan ini nantinya adalah memberikan kemudahan akses informasi terkait permohonan paspor RI dengan melibatkan perangkat desa sebagai perpanjangan tangan Kantor Imigrasi,” ujarnya.

Ia mengatakan bahwa program ini juga diharapkan mampu untuk menekan jumlah pekerja migran indonesia (PMI) yang bekerja secara Non Prosedural diluar sana.

“Poin utamanya adalah memberikan edukasi ke masyarakat yang tinggal di pedesaan. Karena selama ini fokus kita di IT, tapi itu kurang mengena. Jadi nanti kami akan bekerja sama dengan pihak desa dengan memberikan edukasi ke perwakilan perangkat desa tentang keimigrasian. Sehingga penyebaran informasi diharapkan bisa secara langsung ke masyarakat desa khususnya calon PMI,” jelas Loreta.

BACA JUGA  Antisipasi Banjir, BPBD Sumbawa Pantau Kelayakan Bronjong di 34 Titik

Perdagangan Orang adalah tindakan perekrutan, pengangkutan, penampungan, pengiriman, pemindahan, atau penerimaan seseorang dengan ancaman kekerasan, penggunaan kekerasan, penculikan, penyekapan, pemalsuan, penipuan, penyalahgunaan kekuasaan atau posisi rentan, penjeratan utang atau memberi bayaran atau manfaat.

Di tengah kegiatan sosialisasi tersebut Kantor Imigrasi Sumbawa Besar memberikan piagam penghargaan yang diterima oleh Kepala Desa Batu Tering.

Kepala Desa Batu Tering, Alwan Hidayat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan Imigrasi Sumbawa ini. Ia berharap kegiatan terus berlanjut ke depan. “Saya mengapresiasi kiranya kegiatan seperti ini terus berlanjut kedepannya,” jelasnya.

Diharapkan dengan terselenggaranya kegiatan Sosialisasi ini masyarakat lebih bisa mengerti dan memahami terkait alur dan prosedur untuk bekerja di luar negeri secara legal dan prosedural.(SS/R)

Share :

Baca Juga

Ragam

Opsi Pendidikan, Imigrasi Sumbawa Sosialisasikan Sekolah Kedinasan Poltekim

Ragam

Pahami Kebutuhan Pelanggan, Adira Finance Gelar Adira Expo 2024 di Sumbawa

Ragam

Imigrasi Sumbawa Gelar Pertemuan Bersama Tim Pengawasan Orang Asing

Ragam

Jasa Raharja Jamin Seluruh Korban Tabrakan Antara Bus Peziarah dengan Truk di Jalan Raya Pantura, Gresik

Ragam

Terduga Pengedar Narkoba di Sumbawa Diringkus Polisi

Ragam

TMMD ke-116 di Kecamatan Rhee Sumbawa Dimulai

Ragam

Polsek Batulanteh Berikan Bantuan Korban Kebakaran Tepal 

Ragam

Cegah Fatalitas Kecelakaan, Polres Sumbawa Gelar Lomba Safety Riding
error: Content is protected !!