Home / Ekonomi dan Bisnis

Rabu, 13 September 2023 - 15:12 WIB

Bulog Mulai Salurkan Bantuan Pangan Tahap II 2023 di Sumbawa

Sumbawa Besar (Sumbawasatu.com)-

Perum Bulog Kantor Cabang (Kancab) Sumbawa mulai melakukan penyaluran Bantuan Pangan Tahap II Tahun 2023 di Kabupaten Sumbawa. Dimulainya penyaluran ditandai dengan peluncuran yang dilaksanakan, Rabu 13 September 2023 di Halaman Kantor Bupati setempat.

Hadir pada kegiatan tersebut, Sekda Sumbawa, Kepala Dinas Pangan, Sekretaris BPBD, Pinca Bulog Sumbawa, Lurah se Kecamatan Sumbawa, PT. DNR, serta perwakilan Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Pemimpin Cabang (Pinca) Bulog Sumbawa, Zuhri Hanafi mengatakan, Bantuan Pangan ini merupakan program pemerintah pusat sesuai dengan instruksi Presiden Jokowi kepada Bulog dalam rangka stabilisasi harga beras.

“Jadi ini adalah kegiatan yang diprogramkan oleh pemerintah Bantuan Pangan Tahap II Tahun 2023 untuk periode September, Oktober, dan November,” ungkapnya usai peluncuran.

Untuk di Kabupaten Sumbawa, ujarnya, bantuan disalurkan kepada 47.258 KPM dengan total beras 472.582 Kg per bulan.

BACA JUGA  Ketua DPRD Sumbawa Minta Ketersediaan Gas LPG 3 Kg Aman di Bulan Ramadhan

“Program ini adalah bantuan beras 10 kg per KPM secara gratis untuk mengantisipasi kenaikan harga beras di pasaran,” jelasnya.

Adapun mekanisme penyalurannya ungkapnya, dari Gudang Bulog Sumbawa didistribusikan kepada Desa dan Kelurahan oleh PT. DNR selaku tranporter. Selanjutnya, akan dibagikan langsung kepada KPM oleh petugas desa dan kelurahan bersama PT. DNR.

“Mekanisme penyalurannya nanti oleh desa dan kelurahan masing-masing, Bulog dalam hal ini bekerja sama dengan tranporter PT. DNR. Nanti petugas desa dan lurah bersama DNR menyalurkan ke masyarakat secara langsung,” terangnya.

Dengan adanya penyaluran bantuan pangan ini, menurutnya tidak akan menganggu cadangan beras yang ada di Bulog. Sebab, saat ini, terdapat 16 ribu ton beras tersedia di gudang. Jumlah tersebut diperkirakan cukup untuk 12 bulan ke depan. Ditambah lagi, pihaknya akan melakukan pengadaan beras di awal tahun 2024 mendatang, sehingga, stok beras yang ada akan bertambah.

BACA JUGA  Komposisi Bacaleg Lengkap, PDIP Sumbawa Targetkan 8 Kursi DPRD

“Dengan adanya penyaluran ini tidak mengganggu cadangan beras yang ada, stok kita sekitar 16 ribu ton cukup untuk 12 bulan ke depan, karena kita kemarin pengadaan cukup besar, ditambah lagi nanti awal tahun melakukan penyerapan,” paparnya.

Ia menambahkan, peluncuran Bantuan Pangan Tahap II Tahun 2023 ini juga akan dilaksanakan di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB). Sesuai rencana, akan dilaksanakan, Senin 18 September mendatang. “Sementara untuk KSB rencananya hari Senin dengan jumlah KPM 12.863 atau setara 128.630 kg beras perbulan,” pungkasnya. (SS/ind)

Share :

Baca Juga

Ekonomi dan Bisnis

Jasa Raharja Sumbawa Barat Gandeng Stake Holder Melaksanakan Koordinasi FKLL

Ekonomi dan Bisnis

Bazar TVRI NTB, Masyarakat Dapat Sembako Murah

Ekonomi dan Bisnis

Kepala Perwakilan Jasa Raharja Sumbawa Gandeng Stake Holder Melaksanakan FKLL

Ekonomi dan Bisnis

100 Anak Ikut Khitanan Massal Gratis dari Bank Dinar Ashri Cabang Sumbawa

Ekonomi dan Bisnis

PAD dari KIR Baru Mencapai 57,9 Persen

Ekonomi dan Bisnis

Kolaborasi PINTAR dan Prakerja untuk Dorong Pendidikan Inklusif

Ekonomi dan Bisnis

Tingkatkan Pemahaman Berkendara Account Officer PNM, Jasa Raharja Gelar Safety Riding di Palembang

Ekonomi dan Bisnis

Jasa Raharja Berdayakan Korban dan keluarga Kecelakaan Lalu Lintas di Makassar
error: Content is protected !!