Home / Politik dan Pemerintahan

Rabu, 4 Oktober 2023 - 20:34 WIB

Jemput Program Kementerian PUPR, Ketua DPRD Sumbawa Ajak Camat dan Kades ke Jakarta

Jakarta (Sumbawasatu.com)-

Ketua DPRD kabupaten Sumbawa, Abdul Rafiq, S.H bersama Camat Plampang dan 11 kepala desa melaksanakan konsultasi ke Direktorat Jendral Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di Jakarta, Rabu, 4 Oktober 2023.

Rombongan diterima oleh Ketua Tim Pendukung Kegiatan Jalan Daerah Wilayah Timur Dirjen Bina Marga, Evrillisia Rahayu, S.T., MT dan Gemi Puspa Dwi Putra, S.T.

Dalam kesempatan tersebut Abdul Rafiq menyampaikan apresiasinya atas kesediaan Tim Dirjen Bina Marga menerima Rombongan Kabupaten Sumbawa dalam rangka konsultasi dan membangun koordinasi kemitraan dengan Pemerintah Pusat.

“Kami datang ke Kementrian PUPR bukan berarti mengabaikan apa yang dilakukan eksekutif atau pemerintah daerah, tapi kami memperkuatnya sehingga semakin banyak program yang dapat diperoleh daerah Kabupaten Sumbawa,” ujarnya.

BACA JUGA  Menteri Pertanian Tanam Jagung di Sumbawa untuk Perkuat Persediaan Nasional 2024

Rafiq menjelaskan, pembangunan jalan lingkungan di desa penting untuk diintervensi pemerintah pusat sebagaimana kondisi keterbatasan fiskal daerah yang dibebani pembangunan, operasi, pemeliharaan, infrastruktur jalan.

“Ini penting untuk membangun konektivitas antar desa, antar wilayah. Kami bersama kepala Desa se Kecamatan Plampang dan juga kepala desa lainnya di Kecamatan Lopok membawa langsung usulan perbaikan jalan desa, jalan lingkungannya,” terangnya.

Dalam kesempatan itu, Ketua DPRD Sumbawa juga menanyakan progres 8 usulan pemerintahan daerah seperti pembangunan Lingkar Luar Alas, Tepal – Bao Desa, Tangkam Pulit – Bao Desa, Mungkin Kelawis, Lenangguar – Kuang Amo, Kuang Amo Sempe, Jembatan Lito, dan Jembatan Al Hikmah dengan total usulan Rp. 84.950.000.000.

Menanggapi hal ini, Tim Pendukung Jalan Daerah Wilayah Timur Dirjen Bina Marga, Gemi Puspa Dwi Putra, S.T menjelaskan, untuk tahun 2023 sudah ada usulan penanganan jalan daerah melalui aplikasi SITIA. Dampak dari peristiwa heboh di Lampung, Presiden Jokowi keliling seluruh Indonesia dimana pihaknya diintruksikan agar dapat menangani jalan daerah atau Inpres nasional dengan Anggaran Rp 14.7 Triliun. Sehingga dari usulan yang diusulkan Kabupaten Sumbawa untuk Tahun 2023 ada 3 yang disetujui, yaitu jalan ruas Lenangguar – Teladan dengan Anggaran Rp. 9.070.373.000, pembangunan jalan ruas Sebedo Dalam – Bukit Planing senilai Rp 22.681.154.000 dan pembangunan jalan baru Samota Rp 74.193.148.000

BACA JUGA  Gubernur NTB Harapkan Event MXGP Menambah Sejarah Tentang Sumbawa

“Tiga kegiatan ini yang menjadi list kegiatan Inpres jalan daerah dalam daftar proyek prioritas DPP 14,6 T,” jelas Gemi.(Tj)

Share :

Baca Juga

Politik dan Pemerintahan

Bupati Lepas 207 Jamaah Calon Haji Kabupaten Sumbawa 2024

Politik dan Pemerintahan

Bupati Tegaskan Perkuat Strategi Percepat Vaksinasi Booster

Politik dan Pemerintahan

Rumah Kepala Samsat Sumbawa Terbakar

Politik dan Pemerintahan

Wujudkan Desa Inklusif, Desa Batu Tering Beri Pemahaman Jurnalistik Bagi Penyandang Difabel dan Kaum Perempuan

Politik dan Pemerintahan

Persiapan Lebaran 2023, Jasa Raharja, Kemenhub dan Korlantas Polri melakukan Survei Jalur Pantai Selatan Jawa Barat

Politik dan Pemerintahan

Pemkab Sumbawa Bersama Bulog Luncurkan Bantuan Pangan CBP Tahun 2024

Politik dan Pemerintahan

Wabup Berikan Arahan dalam Musrenbang RKPD Kabupaten Sumbawa

Politik dan Pemerintahan

Deden Fitriyadi Jabat Kabag Prokopim Setda Sumbawa
error: Content is protected !!