Home / Ragam

Kamis, 5 Oktober 2023 - 22:28 WIB

Karantina Pertanian Sumbawa Sosialisasi Perlakuan Fumigasi Phosphine dalam Rangka Ekspor Komoditas Pertanian

Sumbawa Besar (Sumbawasatu.com)-

UPT Badan Karantina Indonesia di Sumbawa menggelar sosialisasi Tindakan Karantina Perlakuan Fumigasi Phosphine (Ph3) dalam rangka ekspor Komoditas Pertanian, pada Kamis, 5 Oktober 2023 di Hotel Transit Sumbawa.

Sosialisasi menghadirkan para pengusaha dan pemilik jagung se Pulau Sumbawa, surveyor, bulog, pihak Fumigator yang terdaftar di Badan Karantina NTB.

Hadir sebagai pemateri dalam sosialisasi Kepala UPT Badan Karantina Indonesia di Sumbawa drh. Ida Bagus Putu Ariana, Perwakilan Pusat Karantina Tumbuhan Indonesia Abi Said Hudri , S.P.,M.Si., Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Sumbawa, Isnaini.

Kepala Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Sumbawa, drh. Ida Bagus Putu Raka Ariana mengatakan, tujuan dilaksanakan sosialisasi perlakuan ini sesuai dengan undang undang nomor 21 tahun 2019, pengasingan, pengamatan dan perlakuan. Kemudian pembebasan, penolakan, penahanan dan pemusnahan.

“Fumigasi itu adalah salah satu tindakan perlakuan, dalam rangka menghilangkan hama yang terdapat di dalam media pembawa komoditi yang akan diekspor,” ujarnya.

Dikatakan Raka, fumigasi adalah tindakan yang dilakukan dengan menggunakan zat fumigan atau semacam pestisida.

BACA JUGA  Perkuat Sinergi Turunkan Fatalitas Korban Kecelakaan, Jasa Raharja Hibahkan Satu Unit Ambulance Kepada Korlantas Polri

“Misalnya jagung, sebelum diekspor, kita lakukan fumigasi, dengan suhu, tekanan dan waktu tertentu di dalam ruang yang kedap. Diharapkan bisa mematikan hama atau kutu yang ada di media sebelum komoditi pertanian di ekspor,” katanya.

Ia menambahkan, tujuan lain dari sosialisasi ini agar pemilik gudang dan perusahaan-perusahaan jagung di Sumbawa agar di dalam melalulintaskan jagung, harus bebas dari hama khususnya kutu dan serangga.

Perwakilan Pusat Karantina Tumbuhan Indonesia Abi Said Hudri , S.P.,M.Si. dalam pemaparannya menyampaikan bahwa Pemerintah Indonesia, melalui Badan Karantina Pertanian, telah mengambil langkah-langkah penting untuk memastikan kualitas dan keamanan komoditas pertanian yang diekspor dari Sumbawa dan wilayah lainnya. Salah satunya Perlakuan Fumigasi yang dilakukan oleh SDM ahli. Upaya fumigasi bertujuan untuk memenuhi persyaratan ketat yang ditetapkan oleh negara tujuan, terutama terkait dengan kesehatan tumbuhan dan lingkungan.

“Kami akan membahas tindakan karantina yang diterapkan oleh perusahaan-perusahaan terdaftar, seperti fumigasi dan penggunaan pestisida terbatas, untuk memastikan kualitas komoditas yang diekspor. Selain itu, kami juga sosialisasi dan publikasi untuk memastikan pemahaman yang baik di kalangan komunitas eksportir,” terangnya.

BACA JUGA  Patroli KRYD, Polsek Sumbawa Sasar Tempat Hiburan Malam

Menurutnya, keamanan dan kualitas komoditas pertanian menjadi prioritas utama dalam usaha ekspor.

“Langkah-langkah ini diharapkan dapat meningkatkan citra Indonesia khususnya Sumbawa sebagai pemasok komoditas jagung yang berkualitas dan aman bagi konsumen di seluruh dunia,” jelasnya.

Sementara Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Sumbawa, Isnaini mengapresiasi sosialisasi yang dilakukan. Mengingat Kabupaten Sumbawa terkait dengan jagung merupakan salah satu komoditas unggulan, dan juga sudah melaksanakan kegiatan ekspor beberapa kali. Jagung ini termasuk komoditi yang sangat strategis untuk dikembangkan. Namun untuk memenuhi standar pelayanan ekspor, maka ini juga menjadi prasyarat yang harus dipenuhi sesuai dengan aturan undang undang yang telah disampaikan.

“Ini sangat bagus untuk menjadi perhatian kita sekaligus untuk kita tindaklanjuti di tingkat lapangan. Termasuk juga oleh para teman pengusaha. Meskipun itu nanti di luar kegiatan kekarantinaan, untuk kepentingan mereka sendiri di tingkat gudang itu perlu dilakukan secara mandiri,” tukasnya.(ind)

Share :

Baca Juga

Ragam

Empat Peserta Assesmen NTB, Ikuti Uji Kompetensi Wartawan PWI Pusat

Ragam

Kapolres Sumbawa Berikan Penghargaan kepada Para Pejabat Utama

Ragam

Imigrasi Sumbawa Rilis Capaian Kinerja Sepanjang Tahun 2023

Ragam

Jasa Raharja dan Korlantas Polri Gelar Diseminasi Model Integrasi Pendidikan Lalu Lintas untuk Para Pendidik di Wilayah Banten

Ragam

Mudik Gratis Bersama BUMN Kembali Digelar, Yuk Buruan Daftar

Ragam

IJTI Korwil Sumbawa Barat Bagikan Paket Sembako

Ragam

Terseret Arus, Dua Wisatawan Tewas di Pantai Setangi

Ragam

Petakan Isu Strategis Bareng PKL Dompu, Mi6 : PKL punya posisi tawar politik yang kuat dalam Pilgub 2024 !
error: Content is protected !!