Home / Politik dan Pemerintahan

Jumat, 3 November 2023 - 23:24 WIB

Jumat Salam DLHK NTB, Membuka Potensi Desa Moyo Mekar Sumbawa dengan Metode Transek

Sumbawa Besar (Sumbawasatu.com)-

Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi NTB, melaksanakan program Jumat Salam (Jumpai Masyarakat dan Selesaikan Aneka Persoalan Masyarakat) di Desa Moyo Mekar, Kecamatan Moyo Hilir, Kabupaten Sumbawa, pada Jumat, 3 November 2023. Dalam hal ini, DLHK menggunakan metode transek, salah satu tools (instrumen) dalam metode PRA (Participatory Rural Appraisial) atau pengkajian desa secara partisipatif.

Sebagaimana disampaikan Kepala DLHK NTB, Julmansyah, S.Hut, M.Ap, transek ini melakukan penelusuran dan penyusuran potensi-potensi desa baik sosial budaya, ekonomi dan ekologi.

Dari hasil diskusi dan penelusuran potensi desa, Tim DLHK menemukan potensi kelompok Saling Sakiki, kelompok ibu-ibu yang mengelola sampah plastik diiintegrasikan dengan posyandu.

BACA JUGA  Polres Sumbawa Bersama Satpam Laksanakan Anjangsana di Panti Asuhan

“Dititik ini tim DLHK melakukan peragaan pengelolaan sampah organik menggunakan composter bag diskusi dibawa pohon Sawo yang sejuk membuat ibu-ibu antusias,” jelas Julmansyah.

Penelusuran berikutnya, lanjutnya, ke Reban Moyo atau Embung Moyo yang akan dijadikan sebagai tempat wisata lokal. Disini Tim DLHK bersama Kades Moyo Mekar dan ibu-ibu kelompok menanam bibit avokad di bantaran Reban Moyo. “Lokasi ini tiga bulan yang lalu sempat dilakukan Festival Reban Moyo dan lomba sampan,” ungkapnya.

BACA JUGA  MXGP Samota 2023 Dimulai, Bupati Sumbawa Harapkan Ada Peningkatan Prestasi 

Penelusuran selanjutnya di Sentra Tenun Tradisional Sumbawa UD. Karya Mandiri. Disini ada 15 penenun yang usia lanjut. Diskusi dari pewarna alami hingga rencana barcode di kemasan Sarung Tenun sebagai cara untuk membuat story behind the scen dari praktek menenun masyarakat Sumbawa.

Julmansyah berharap, Desa Moyo Mekar  menjadi pionir pengelolaan sampah organik berbasis rumah tangga hingga terwujudkan sirkular ekonomi. “DLHK NTB siap membantu mengasistensi jika dibutuhkan oleh Pemdes Moyo Mekar,” pungkasnya.(ind)

Share :

Baca Juga

Politik dan Pemerintahan

Hanura Sumbawa Target Setiap Dapil Dapat Kursi

Politik dan Pemerintahan

Disos Sumbawa Salurkan Bantuan Korban Kebakaran Alas

Politik dan Pemerintahan

Rachmat Hidayat Menentang Pembuangan Limbah Radioaktif ke Laut

Politik dan Pemerintahan

Hari Bhakti Imigrasi ke-73,  Kanim Sumbawa Komit Tingkatkan Kualitas Pelayanan 

Politik dan Pemerintahan

Pemdes Harapkan Desa Poto Jadi Lokasi ProKlim Kementerian LHK

Politik dan Pemerintahan

Polsek Labuan Badas Salurkan Bansos Warga Kurang Mampu

Politik dan Pemerintahan

Sapa Masyarakat Tarusa, Rafiq Komit Perhatikan Infrastruktur, UMKM dan Sapras Pertanian

Politik dan Pemerintahan

Kepala DPMD Kabupaten Sumbawa Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1444 H
error: Content is protected !!