Home / Politik dan Pemerintahan

Jumat, 3 November 2023 - 19:28 WIB

Kunjungi MRMP Bulog Sumbawa, Pj. Gubernur: Bukti NTB Sentra Beras Nasional

Sumbawa Besar (Sumbawasatu.com)-

Sebagai rangkaian kunjungan kerja di Kabupaten Sumbawa, Pj. Gubernur NTB, Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M.Si., mengunjungi Modern Rice Milling Plant (MRMP) Bulog Sumbawa di Kecamatan Lape, Jumat, 3 November 2023 siang.

Kedatangan Pj. Gubernur NTB ke sentra penggilingan beras terbesar di wilayah Indonesia Timur tersebut, didampingi oleh Pimwil Bulog NTB David Susanto.

Turut juga mendampingi, Asisten II Setda NTB, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kepala Dinas Pertanian, Kepala Dinas Peternakan, Kadis Lutkan, Karo Adpim Prmprov NTB. Kemudian, Kadis Ketahanan Pangan dan Kadis Pertanian Kabupaten Sumbawa, serta pejabat Bulog setempat.

“Alhamdulillah melihat infrastruktur ini, kita sangat bangga, karena di Indonesia hanya ada 10 dan salah satunya di NTB,” kata Pj. Gubernur NTB kepada wartawan di lokasi.

BACA JUGA  Pemda Sumbawa Sampaikan Master Plan Pembangunan Samota Sport Center ke Pusat

Menurutnya, keberadaan MRMP ini sebagai bukti bahwa NTB benar-benar menjadi sentra beras nasional. “Kita juga sudah tanda tangani komitmen kawasan pertanian pangan berkelanjutan 1.006 hektar, oleh karenanya harapannya infrastruktur ini jangka panjang,” ujarnya.

Lanjutnya, selama ini beras produksi NTB selalu dibawa ke luar daerah. Kemudian olah di sana, kembali lagi ke NTB dijual dalam bentuk beras.

“Gabah masih ada potensi untuk keluar daerah, tapi kita ada pengaturan pergubnya. Kita ingin pastikan kebutuhan domestik kita terpenuhi dulu baru kegiatan antar pulau,” terangnya.

“Sekarang kita harapkan tidak lagi keluar daerah, kerana sudah ada MRPM ini. Gabah kita bahkan gabah baru panen dengan adanya ini bisa langsung diproses menjadi beras. Bahkan tadi ada yang divakum untuk menjamin awet 6 bulan ke depan,” tambahnya.

BACA JUGA  Sumbawa Raih Nilai Tertinggi Penurunan Angka Stunting

Ia meyakini, dengan adanya MRMP Bulog Sumbawa ini, NTB tidak akan kekurangan pangan. Terlebih lagi, jika lumbung pangan di desa-desa dapat diaktifkan, sehingga apapun yang tejadi, pangan sudah tersedia di lumbung.

Terkait harga beras yang tinggi tambahnya, ia menyarankan masyarakat membeli beras dari Bulog. Menurutnya, kualitas beras bulog sangat baik, tidak kalah dengan yang dipasaran, ditambah lagi harganya yang sangat terjangkau.

“Terkait harga beras yang tinggi, jangan beli di tempat yang mahal. Bulog berapapun kebutuhan bisa disiapkan. Penjualan beras Bulog murah. Ada banyak RPK bisa membeli di sana. Beras Bulog tidak kalah dengan beras lain. Beras bulog luar biasa,” pungkasnya.(Rd)

Share :

Baca Juga

Politik dan Pemerintahan

Pengumuman Terkait Pelayanan Poliklinik RSMA

Politik dan Pemerintahan

Disnakeswan Terus Gencarkan Vaksinasi PMK

Politik dan Pemerintahan

Resmi Terbentuk, Relawan Big Bro Comunity Kabupaten Sumbawa Siap Menangkan Ganjar-Mahfud

Politik dan Pemerintahan

Ketua KONI Lepas Tim Sepak Bola Sumbawa ke Porprov NTB 2023

Politik dan Pemerintahan

Diberangkatkan, 35 Orang Ikuti Program Balik Mudik Gratis Satlantas Polres Sumbawa

Politik dan Pemerintahan

Rakorda se-Pulau Sumbawa, PDIP Dukung Abdul Rafiq Maju di Pilkada Sumbawa

Politik dan Pemerintahan

Drs. H. Mohamad Ansori Mengucapkan Dirgahayu Republik Indonesia ke 78

Politik dan Pemerintahan

Ketua DPRD Sumbawa Minta Pemda Segera Atasi Persoalan Melambungnya Harga Sembako
error: Content is protected !!