Home / Ragam

Sabtu, 4 November 2023 - 19:19 WIB

Kemendes Bantu Pengembangan Wisata Desa Poto

Sumbawa Besar (Sumbawasatu.com)-

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi melalui Direktorat Jenderal Pembangunan Desa dan Perdesaan memberikan bantuan kepada Pemerintah Desa Poto, Kecamatan Moyo Hilir dengan kategori bantuan Pengembangan Potensi Pariwisata Terpadu di Kawasan Perdesaan dalam rangka pengembangan Desa Poto sebagai desa wisata. Pemerintah Desa Poto telah melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Bersama (PKB) bertempat di Gedung B Kantor Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi RI di Jakarta, pada Jumat, 3 November 2023.

“Alhamdulillah PKB nya sudah saya tandatangani bersama Pak Kadis PMD Sumbawa, kemarin,” kata Kepala Desa Poto, Fathul Muin,S.P., kepada wartawan, Sabtu, 4 November 2023.

BACA JUGA  Tarian Hingga Atraksi Warnai Syukuran Hari Bhayangkara di Polres Sumbawa

Selain Desa Poto, Kemendes juga memberikan bantuan kepada empat desa lainnya di Indonesia, yaitu Nagari Tiku Selatan, Kecamatan Tanjung Mutiara, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Desa Karangsidemen Kecamatan Batukliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah, Desa Batu Karang, Kecamatan Camplong, Kabupaten Sampang, Jawa Timur dan Desa Banyumas, Kecamatan Sampang, Kabupaten Sampang, Jawa Timur.

Menurutnya bantuan kepada Desa Poto berupa uang sebesar Rp.300 juta akan digunakan untuk pembangunan infrastruktur wisata Ponan, seperti gazebo, paving blok dan sarana pendukung lainnya. Bantuan ini merupakan bantuan khusus APBN yang dialokasi menjadi APB Desa Perubahan dan akan dikerjakan secara swakelola yang melibatkan Tim Pelaksana Kegiatan Desa atau TPK.

BACA JUGA  Korban Kecelakaan Lalu Lintas Meninggal Dunia Tidak Mempunyai Ahli Waris, Santunan Dalam Bentuk Penggantian Biaya Penguburan

Obyek wisata Ponan, lanjut Fathul, sejak dulu telah dibuat disain rencana pengembangannya namun belum dapat terealisasi karena keterbatasan anggaran. Dengan ketersediaan infrastruktur yang memadai maka pengelolaan obyek wisata tersebut harus dikelola secara profesional agar nantinya dapat menghasilkan pendapatan desa. Menurut rencana, pengelolaan obyek wisata Poto nantinya akan diserahkan ke Badan Usaha Milik Desa (BUMDES).(R)

Share :

Baca Juga

Ragam

Jasa Raharja dan Korlantas Polri Gelar Survei ke Sejumlah Ruas Tol di Wilayah Jawa

Ragam

Polsek Sumbawa Intensifkan Patroli ke Pasar

Ragam

Antisipasi Tawuran Pelajar, Polsek Sumbawa Patroli Saat Jam Pulang Sekolah

Ragam

Kodim Sumbawa Asah Kemampuan Prajurit Menembak 

Ragam

Gelar Rakor Persiapan Angkutan Lebaran 2024, Kemenhub, Jasa Raharja, Korlantas Polri, dan Instansi Terkait Matangkan Sejumlah Persiapan Pengamanan Arus Mudik

Ragam

Pererat Silaturahmi dengan Wartawan, Karantina Pertanian Sumbawa Gelar “Coffee Morning”

Ragam

Respons Cepat, Jasa Raharja Pastikan Seluruh Korban yang Tertabrak Truk Bermuatan Galon di Simalungun Terjamin Santunan

Ragam

Cek Pelaksanaan PAM Nataru, Jasa Raharja dan Korlantas Polri Lakukan Tinjauan ke Jalur Puncak Bogor
error: Content is protected !!