Home / Opini

Sabtu, 23 Desember 2023 - 18:02 WIB

PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DI KALANGAN MAHASISWA

penulis

penulis

Oleh : Sielvia Yuli Anjani – Mahasiswa Semester III Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakulkas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Samawa Sumbawa BesarĀ 

Apa si yang di maksud pendidikan karakter ?

Pendidikan karakter mahasiswa merupakan proses pendidikan yang tidak hanya fokus pada pengetahuan akademis, tetapi juga pada pembentukan nilai-nilai moral, etika, kepemimpinan, serta pengembangan sikap yang baik. Ini melibatkan pengajaran dan pembinaan sikap-sikap positif seperti integritas, tanggung jawab, kerjasama, dan kesadaran sosial agar mahasiswa dapat menjadi individu yang lebih baik dalam kehidupan mereka sehari-hari dan dalam berkontribusi pada masyarakat.

Pengertian pendidikan karakter adalah suatu usaha manusia secara sadar dan terencana untuk mendidik dan memberdayakan potensi peserta didik guna membangun karakter pribadinya sehingga dapat menjadi individu yang bermanfaat bagi diri sendiri dan lingkungannya.

Pendidikan karakter adalah suatu sistem pendidikan yang bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai karakter tertentu kepada peserta didik yang di dalamnya terdapat komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan, serta tindakan untuk melakukan nilai-nilai tersebut.

Pendidikan karakter (character education) sangat erat hubungannya dengan pendidikan moral dimana tujuannya adalah untuk membentuk dan melatih kemampuan individu secara terus-menerus guna penyempurnaan diri kearah hidup yang lebih baik.

BACA JUGA  RAMADHAN DAN PEMILU; UPAYA MELIBERASI DAN MENTRANSENDENSI DIRI

Seperti yang kita ketahui bahwa proses globalisasi secara terus-menerus akan berdampak pada perubahan karakter masyarakat Indonesia. Kurangnya pendidikan karakter akan menimbulkan krisis moral yang berakibat pada perilaku negatif di masyarakat, misalnya pergaulan bebas, penyalahgunaan obat-obat terlarang, pencurian, kekerasan terhadap anak, dan lain sebagainya.

Ini merupakan cara paling baik untuk memastikan para murid memiliki kepribadian dan karakter yang baik dalam hidupnya. Pendidikan ini dapat membantu meningkatkan prestasi akademik anak didik.Sebagian anak tidak bisa membentuk karakter yang kuat untuk dirinya di tempat lain. Dapat membentuk individu yang menghargai dan menghormati orang lain dan dapat hidup di dalam masyarakat yang majemuk. Sebagai upaya mengatasi akar masalah moral-sosial, seperti ketidakjujuran, ketidaksopanan, kekerasan, etos kerja rendah, dan lain-lain.Merupakan cara terbaik untuk membentuk perilaku individu sebelum masuk ke dunia kerja/ usaha.Sebagai cara untuk mengajarkan nilai-nilai budaya yang merupakan bagian dari kerja suatu peradaban.

Pendidikan karakter sebenarnya bukan hal yang baru bagi masyarakat Indonesia.Bahkan sejak awal kemerdekaan, masa ordelama, masa orde baru, dan kini orde reformasitelah banyak langkah-langkah yang sudah dilakukan dalam kerangka pendidikan karakter dengan nama dan bentuk yang berbeda-beda.

BACA JUGA  Pentingnya Peran Orang Tua dalam Membentuk Karakter Anak

Maka wajar hingga saat ini pendidikan karakter belum menunjukkan hasil yang optimal. Hal ini terbukti dari fenomena sosial yang menunjukkan perilaku yang tidak berkarakter.Perilaku yang tidak berkarakter itu misalnya sering terjadinya tawuran antar pelajar, adanya pergaulan bebas, dan adanya kesenjangan sosial-ekonomi-politik di masyarakat, kerusakan lingkungan yang terjadi di seluruh pelosok negeri, masih terjadinya ketidak adilan hukum, kekerasan dan kerusuhan, dan korupsi yang mewabah dan merambah pada semua sektor kehidupan masyarakat, tindakan anarkis, konfliksosial. Masyarakat Indonesia yang dahulu terbiasa santun dalam berprilaku, musyawarahmufakat dalam menyelesaikan masalah,mempunyai kearifan lokal yang kaya dengan pluralitas, serta bersikap toleran dan gontong-royong kini mulai cenderung berubah menjadi hegemoni kelompok-kelompok yang saling mengalahkan dan berperilaku tidak jujur.

Pendidikan karakter tidak hanya diterapkan di SD, SMP, dan SMA, tapi juga ditingkat Perguruan Tinggi. Oleh karena itu,tulisan ini akan membahas bagaimana menerapkan pendidikan karakter di kalangan mahasiswa, guna menghasilkan calon pemimpin bangsa yang tidak hanya mampu di bidang akademik, namun juga terpuji secara karakternya. (SS)

Share :

Baca Juga

Opini

Pentingnya Peran Orang Tua dalam Membentuk Karakter Anak

Opini

RAMADHAN DAN PEMILU; UPAYA MELIBERASI DAN MENTRANSENDENSI DIRI

Opini

PISAU BERMATA DUA PENGUBAH PENDIDIKAN

Opini

PENDIDIKAN KARAKTER SEBAGAI PENYEMBUH KEMISKINAN
error: Content is protected !!