Home / Politik dan Pemerintahan

Selasa, 16 Januari 2024 - 15:42 WIB

PDIP Sumbawa Fokus Penguatan UMKM dan Kompetensi Anak Muda di Juran Alas

Sumbawa Besar (Sumbawasatu.com)-

Pertemuan tatap muka PDI Perjuangan Kabupaten Sumbawa dan Provinsi NTB kembali digelar  Senin sore, (15/1/2024) di Desa Juran Alas Kecamatan Alas Kabupaten Sumbawa.

Hadir Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa, Abdul Rafiq, S.H yang kembali maju menjadi Caleg pada Pemilu Legislatif 14 Februari 2024 mendatang. Juga Hadir Anggota DPRD Provinsi NTB H Lalu Budi Suryata SP yang mencalonkan diri sebagai Caleg DPR RI Dapil Pulau Sumbawa meliputi Kabupaten Sumbawa, Kabupaten Sumbawa Barat, Kabupaten Bima, Kabupaten Dompu, Kota Bima) dan Ketua Banteng Muda Indonesia Provinsi NTB Abdul Rahim ST yang menjadi Caleg DPRD Provinsi NTB beserta beberapa pengurus DPC PDI Perjuangan.

Seperti pertemuan tatap muka sebelumnya. Kehadiran para Caleg disambut dengan hangat dan positif oleh para peserta. Kampanye PDI Perjuangan dinilai sebagai partai yang konsisten dengan ideologi Pancasila dan memiliki program yang jelas untuk pembangunan Indonesia. Dominan yang hadir dari kaum hawa, emak-emak, millenial dan hadir pula tokoh masyarakat dan agama setempat.

Dalam kesempatan itu, Abdul Rafiq, S.H yang telah 3 periode menjadi anggota DPRD Kabupaten Sumbawa ini dan akan menjemput mandat kembali untuk duduk pada periode keempat memaparkan program yang telah dilakukan sebagai pelayan rakyat di Parlemen DPRD Kabupaten Sumbawa. Hal yang menarik dari sekian banyak yang dilakukan adalah fokusnya pada Penguatan UMKM dan membangun kompetensi anak-anak muda.

Dikatakannya bahwa UMKM merupakan salah satu tulang punggung perekonomian rumah tangga di bangsa ini. Pada tahun 2022, UMKM berkontribusi sebesar 61,97% terhadap PDB nasional. Oleh karena itu, penguatan UMKM menjadi sangat penting untuk dilakukan.

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk memperkuat UMKM, antara lain Peningkatan kapasitas dan kualitas produk dan jasa. “UMKM perlu diberikan pelatihan dan pendampingan untuk meningkatkan kualitas produk dan jasa yang mereka tawarkan. Hal ini dapat dilakukan melalui kerja sama antara pemerintah, akademisi, dan pelaku UMKM.Kami bersama pengurus DPC PDI Perjuangan telah bekerja disektor ini, dan terus akan menguatkannya, Jaringan Luas di Pemerintah Pusat akan menjadi berkah bagi para pelaku UMKM di Daerah, sehingga Kami secara langsung melakukan pemetaan, pendataan terhadap UMKM,” Sebutnya.

BACA JUGA  Komisi VI DPR RI Apresiasi PLN Atasi Oversupply melalui Optimasi Kontrak IPP Hingga Rp 47 T

“Basis Data adalah pijakan yang kuat untuk berbuat dimasa yang akan datang, Oleh karenanya mandat dari Masyarakat untuk memperjuangkan kesejahteraan UMKM baik akses pembiayaan karena disini lah UMKM kita seringkali kesulitan. Oleh karena itu, pemerintah perlu memberikan dukungan agar UMKM dapat mendapatkan akses pembiayaan yang lebih mudah,” Ungkapnya

Melalui OPD teknis, jelasnya, DPRD senantiasa mendorong peningkatan promosi dan pemasaran, karena UMKM perlu diberikan dukungan untuk meningkatkan promosi dan pemasaran produk dan jasa mereka. Hal ini dapat dilakukan melalui kerja sama antara pemerintah, pelaku UMKM, dan media.

Adapun terhadap Penguatan Kompetensi Anak Muda sebagai generasi penerus bangsa sangat penting untuk dilakukan.

Fraksi PDI perjuangan, lengkap anggotanya di semua komisi bahkan ada yang dua orang. Hal ini perlu dipertahankan karena di komisi dibahas persoalan yang lebih dalam terhadap persoalan yang ada. Fraksi PDI Perjuangan senantiasa selalu Hadir dan tetap komitmen mengawal urusan masyarakat termasuk untuk memperkuat kompetensi anak muda.

“Hal yang dilakukan misalnya peningkatan kualitas pendidikan. Baik dari jenjang Dasar hingga Perguruan Tinggi, Beasiswa bagi Pelajar, mahasiswa adalah program unggulan dari Fraksi PDI Perjuangan yang bertujuan untuk meningkatkan Kompetensi Anak Muda,” ucapnya.

BACA JUGA  Timgab Amankan Puluhan Batang Kayu di Hutan Boak

Demikian pula yang butuh keterampilan, pihaknya mendorong anak muda diberikan pelatihan dan keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja. Hal ini melalui dukungan anggaran yang diketuk DPRD sehingga pelatihan bisa dilakukan melalui kerja sama antara pemerintah, dunia usaha, dan lembaga pelatihan.

“UMKM dan anak muda memiliki hubungan yang saling berkaitan. UMKM membutuhkan tenaga kerja yang kompeten untuk dapat berkembang. Sementara itu, anak muda membutuhkan lapangan kerja yang dapat mengakomodasi kompetensi mereka,” terangnya.

Oleh karena itu, penguatan UMKM dan kompetensi anak muda perlu dilakukan secara simultan. Penguatan UMKM dapat menciptakan lapangan kerja bagi anak muda. Sementara itu, penguatan kompetensi anak muda dapat meningkatkan produktivitas dan daya saing UMKM.

Pada pertemuan tersebut Abdul Rafiq dan tim juga berpesan, agar masyarakat selektif dalam memilih pemimpin dan wakilnya. Pilihlah calon pemimpin dengan melihat track record, rekam jejak atau sejarah dari figur calon pemimpin tersebut. Siapapun yang dipilih,pilihlah pemimpin yang betul-betul mau menjadikan dirinya sebagai pelayan bukan sebagai majikan. “Bagi kami, Tuanku adalah Rakyatku,” ujar Rafiq

Dalam kesempatan tersebut DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sumbawa mengajak masyarakat untuk mendukung Capres/Cawapres Nomor Urut 3 – Ganjar-Mahfud dan Calon DPD. Rafiq juga mengadakan simulasi teknik pencoblosan kepada konstituennya dengan dilengkapi spesimen surat suara. Mulai dari cara mencoblos surat suara Pileg DPRD Kabupaten, DPRD Provinsi, DPR Pusat hingga Pilpres.

“Mohon Doa restu dari seluruh masyarakat agar apa yang kita cita citakan dikabulkan Allah SWT,” Pungkasnya.(R)

Share :

Baca Juga

Politik dan Pemerintahan

Naik 3 Persen, UMK Sumbawa Rp 2,4 Juta

Politik dan Pemerintahan

Abdul Rafiq : Rakernas IV PDI Perjuangan Lahirkan Rekomendasi Pro Kedaulatan Pangan dan Kepegawaian

Politik dan Pemerintahan

Kabupaten Sumbawa Kembali Raih Penghargaan Adipura 2024

Politik dan Pemerintahan

Sukseskan Pelaksanaan Coklit KPU Sumbawa

Politik dan Pemerintahan

Awal Tahun, Tercatat 71 Kasus DBD di Sumbawa

Politik dan Pemerintahan

Gunakan Langkah Komprehensif, Jalan Osapsio Ditangani Bulan April

Politik dan Pemerintahan

Respon Cepat Pengungkapan Kasus Anak, Kasat Reskrim Polres Sumbawa Dapat Penghargaan

Politik dan Pemerintahan

Kadistan Sumbawa Harap Petani Dapat Lanjutkan Budidaya Bawang Merah
error: Content is protected !!