Home / Politik dan Pemerintahan

Senin, 22 Januari 2024 - 23:02 WIB

HUT ke-65 Sumbawa, Bupati Sampaikan Prestasi dan Capaian Program Unggulan

Sumbawa Besar (Sumbawasatu.com)-

Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah menyampaikan berbagai prestasi gemilang dan capaian program unggulan dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 65 Kabupaten Sumbawa pada Senin, 22 Januari 2024. Capaian tersebut akan terus ditingkatkan, selaras dengan tema HUT tahun ini yakni Terus Melaju untuk Sumbawa Gemilang yang Berkeadaban.

Selama 65 tahun, kata Bupati, Kabupaten Sumbawa telah mengalami berbagai kemajuan di berbagai sektor. Dari pertumbuhan ekonomi yang membaik setelah melewati rangkaian cobaan yang menerpa, hingga peningkatan kualitas pendidikan dan pelayanan kesehatan, serta perbaikan pembangunan. Semua itu, tidak lepas dari dukungan seluruh jajaran Pemkab Sumbawa yang selalu semangat dan bekerja dengan solid.

“Saya mengapresiasi seluruh jajaran pemerintah Kabupaten Sumbawa yang terus menjaga semangat, bekerja dengan solid, mendukung kami untuk menyukseskan berbagai agenda pembangunan, sehingga berbagai prestasi gemilang dapat diraih Kabupaten Sumbawa,” kata Bupati dalam sambutannya pada upacara peringatan HUT yang berlangsung di halaman kantor Bupati Sumbawa.

Dijelaskan H. Mo, sapaan akrab Bupati Sumbawa, selama tahun 2023, berbagai prestasi tingkat nasional maupun regional berhasil diraih Kabupaten Sumbawa. Di antaranya penghargaan penyelenggaraan pemerintahan daerah dari Kementerian Dalam Negeri RI, untuk urusan wajib maupun urusan pilihan dinyatakan telah memenuhi standar kinerja yang baik.

Selanjutnya atas kinerja Kabupaten Sumbawa dalam pengendalian inflasi, penggunaan produk dalam negeri dan percepatan belanja daerah, pemerintah Kabupaten Sumbawa menerima insentif fiskal tahun anggaran 2023 senilai Rp. 11.447.687.000,- (sebelas milyar empat ratus empat puluh tujuh juta enam ratus delapan puluh tujuh ribu rupiah).
Penghargaan BKN Award untuk kategori perencanaan kebutuhan dan mutasi kepegawaian juga diraih Kabupaten Sumbawa.

Kemudian dalam ikhtiar membangun ekosistem industri halal, untuk kedua kalinya sejak tahun 2022, Kabupaten Sumbawa memperoleh penghargaan Indonesia Halal Industry Award (IHYA) 2023 dari Menteri Perindustrian RI kategori best municipal/regency program. Penghargaan ini tentunya berkat konsistensi pemerintah Kabupaten Sumbawa dalam merintis terbentuknya ekosistem halal, antara lain dengan memasifkan pelayanan sertifikat halal dan pembentukan Lembaga Pusat Halal (LPH).

BACA JUGA  Disnakeswan Sumbawa Turunkan 200 Petugas Pemeriksaan Hewan Jelang Idul Adha

Dalam ikhtiar melestarikan dan memajukan kekayaan budaya, Kabupaten Sumbawa juga berhasil memperoleh Anugerah Kebudayaan Indonesia dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI.

Selanjutnya, dalam ikhtiar mewujudkan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan dalam berbagai bidang, Kabupaten Sumbawa juga berhasil meraih penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya tingkat pratama dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia.

Selain itu, Kabupaten Sumbawa juga meraih penghargaan sebagai kabupaten peduli hak asasi manusia dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia atas hasil penilaian terhadap data implementasi hak asasi manusia di kabupaten/kota seluruh Indonesia.
Selain prestasi tingkat nasional, berbagai penghargaan tingkat Provinsi NTB juga diraih Kabupaten Sumbawa. Antara lain, Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) tingkat Provinsi NTB tahun 2023 sebagai kabupaten terbaik 1, penghargaan kabupaten layak anak tingkat pratama dari Wakil Gubernur NTB, penghargaan predikat penilaian kepatuhan kualitas tinggi dengan kategori b atau zona hijau dari Ombudsman RI Perwakilan Provinsi NTB atas penyelenggaraan pelayanan publik tahun 2023, dan juara 1 lomba posyandu tingkat Provinsi NTB yang diraih oleh Posyandu Anggrek Putih Desa Pernek Kecamatan Moyo Hulu Kabupaten Sumbawa.

“Berbagai prestasi dan penghargaan yang diraih Kabupaten Sumbawa tersebut bergerak simultan dengan 10 program unggulan kami bersama ibu Wakil Bupati Sumbawa, yang sudah terealisasi sejak tahun 2021 dan terus berproses hingga saat ini,” jelas Bupati.

Adapun perhatian pemerintah terhadap nasib GTT, PTT, guru paud dan tenaga kesehatan telah terimplementasi melalui pembayaran insentif. Selama tahun 2023, pemda telah mengalokasikan dana insentif untuk 1.738 GTT, 2.383 PTT, dan 900 tenaga kesehatan, termasuk insentif bagi guru ngaji, petugas rumah ibadah, RT/RW, linmas dan petugas posyandu.

BACA JUGA  Caleg Dapil NTB 5 Abdul Rahim dari PDIP Siap Wakili dan Perjuangkan Suara Pemuda di Udayana

Selain itu, selama tahun 2023, pemerintah Kabupaten Sumbawa melalui BPJS Ketenagakerjaan juga telah memberikan perlindungan kepada 4.655 tenaga non ASN, dan sejak bulan Desember 2023 sampai dengan Februari 2024 kepada 4.019 pekerja rentan.

Program ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah Kabupaten Sumbawa terhadap para pekerja informal yang rentan akan resiko sosial berupa kecelakaan kerja dan resiko meninggal dunia.

“Peningkatan kualitas kesehatan dan pengadaan ambulance desa dan puskesmas juga terus kami ikhtiarkan secara bertahap. Sejak tahun 2021 hingga 2023 telah direalisasikan sebanyak 15 unit mobil ambulance desa dan 1 unit mobil satgas covid,” terangnya.

Pemerintah Kabupaten Sumbawa, lanjutnya, juga terus memacu program-program unggulan daerah lainnya di bidang pertanian, perikanan dan peternakan. Termasuk mendorong kemandirian UMKM, membuka lapangan kerja melalui program pelatihan dan sertifikasi gratis, mengembangkan pariwisata sejarah dan budaya Sumbawa, meningkatkan layanan air bersih melalui pembangunan baru spam jaringan perpipaan dan rehabilitasi spal dengan alokasi anggaran sebesar 47,3 milyar rupiah pada tahun 2023, serta memantapkan infrastruktur wilayah melalui pembangunan jalan, jembatan dan irigasi.

Dalam memantapkan pembangunan infrastruktur wilayah ini, pemerintah Kabupaten Sumbawa telah mengalokasikan total anggaran sebesar 148,2 milyar rupiah sejak tahun 2021 hingga tahun 2023.

“Tentunya program-program unggulan di berbagai sektor ini menjadi cara pembuktian kami dalam ikhtiar membangun yang progresif, menapaki langkah pertama untuk perjalanan panjang membangun mimpi besar, yang kita kemas bersama dalam visi besar Sumbawa Gemilang yang Berkeadaban,” pungkasnya.(ind/*)

Share :

Baca Juga

Politik dan Pemerintahan

Rachmat Hidayat Menentang Pembuangan Limbah Radioaktif ke Laut

Politik dan Pemerintahan

Diskominfotiksan Sumbawa Bakal Gelar GTA Bagi ASN

Politik dan Pemerintahan

Berkontrak, Dermaga Apung Labuhan Jambu Proses Mutual Awal

Politik dan Pemerintahan

Jika Pilkada Sumbawa Dilaksanakan Hari ini, Haji Jarot Kalahkan Haji Mo dan Hj. Novi

Politik dan Pemerintahan

Pemkab Sumbawa Akan Bangun TPA Teluk Santong

Politik dan Pemerintahan

Awal Tahun, Tercatat 71 Kasus DBD di Sumbawa

Politik dan Pemerintahan

Karnaval Budaya Semarakkan Peringatan HUT Sumbawa Ke – 65

Politik dan Pemerintahan

Tindak Lanjuti LHP BPK, Inspektorat Sumbawa Bentuk Tim Khusus
error: Content is protected !!