Home / Politik dan Pemerintahan

Selasa, 23 Januari 2024 - 12:11 WIB

Lanjutan Jalan Samota, Pemda Sumbawa Bangun 7 Jembatan dan 1,6 Kilometer Jalan

Sumbawa Besar (Sumbawasatu.com)-

Pemda Sumbawa akan menuntaskan lanjutan pembangunan ruas Jalan Samota tahun ini dengan bantuan anggaran dari pemerintah pusat. Yakni pembangunan 7 jembatan dan sekitar 1,6 kilometer jalan.

“Alhamdulillah kita mendapatkan lanjutan pembangunannya yaitu ada sekitar 7 buah jembatan yang akan dibangun dan jalan sekitar 1,6 km,” kata Asisten II Setda Sumbawa, Lalu Suharmaji Kertawijaya, S.T., M.T. pada Senin, 22 Januari 2024 di ruang kerjanya.

Dijelaskannya, dengan pembangunan 7 jembatan dan 1,6 km jalan tersebut, maka pembangunan akses jalan Samota sepanjang 24,7 km sudah tuntas. Dengan tuntasnya jalan tersebut nantinya, diharapkan menjadi kado HUT Sumbawa tahun 2025 mendatang.

BACA JUGA  Kru dan Pembalap MXGP Samota 2023 Tiba di Sumbawa

“Dan kita perkirakan nanti pada awal tahun 2025 akan jadi kado HUT ke-66 Kabupaten Sumbawa. Alhamdulillah nanti bisa tuntas,” ujarnya.

Adapun total anggaran yang didapat dari pemerintah pusat, diperkirakan sekitar Rp 120 an miliar. Dari anggaran tersebut, salah satunya akan terbangun jembatan kerangka baja terpanjang di NTB.

“Di situ juga ada icon yang akan terbangun di situ nanti. Jadi Samota punya dua icon. Pertama jembatan lengkung yang ada di ruas awal dan nanti di Limung akan terbangun jembatan Kerangka baja terpanjang di NTB yaitu 240 meter,” ungkapnya.

Dengan demikian, lanjutnya, ruas jalan Samota akan memiliki dua icon yang luar biasa yang tentunya harus disyukuri. Karena nanti di akses jalan tersebut pada saat sore hari pemandangannya yang luar biasa dengan Teluk Saleh dan background Gunung Rinjani di Pulau Lombok. Bahkan dengan cuaca terang Gunung Agung bisa terlihat juga Tambora di sebelah timur.

BACA JUGA  Kabupaten Sumbawa Kembali Raih Penghargaan Adipura 2024

Harapannya, agar pembangunan jembatan dan jalan Samota tersebut mendapat dukungan dari semua pihak. Karena dampaknya bagi ekonomi dan masyarakat yang luar biasa. Bahkan masyarakat yang memiliki lahan di situ, otomatis akan banyak investor yang masuk karena sudah ada akses jalan yang luar biasa bagus.(ind/*)

Share :

Baca Juga

Politik dan Pemerintahan

Pemkab Sumbawa Terima Penghargaan TKD Award 2023

Politik dan Pemerintahan

Pasangan Jarot-Ansori Paling Berpeluang Menangkan Pilkada Sumbawa 2024

Politik dan Pemerintahan

Penilaian PPD 2024, Bupati Harapkan Terjadinya Sinkronisasi dan Sinergi dalam Perencanaan Pembangunan

Politik dan Pemerintahan

Peringati Harlah ke-25, DPC PKB Sumbawa Nyatakan Siap Laksanakan 6 Diktum Cak Imin

Politik dan Pemerintahan

Ketua DPRD Sumbawa Nilai Program Upland Mampu Tingkatkan Kesejahteraan Petani

Politik dan Pemerintahan

Abdul Rafiq Bantu Korban Banjir Empang

Politik dan Pemerintahan

Destinasi Wisata Sumbawa Disiapkan Jelang MXGP 2024

Politik dan Pemerintahan

Bawaslu Sumbawa Buka Rekrutmen 1.534 Pengawas TPS
error: Content is protected !!