Home / Politik dan Pemerintahan

Rabu, 24 Januari 2024 - 15:30 WIB

Pemkab Sumbawa Akan Bangun TPA Teluk Santong

Sumbawa Besar (Sumbawasatu.com)-

Pemerintah kabupaten (Pemkab) Sumbawa melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) akan membangun Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Teluk Santong Kecamatan Plampang.

Kepala Dinas LH Kabupaten Sumbawa, Ir. Syafruddin Nur, Rabu, 24 Januari 2024 menjelaskan, progres pembangunan TPA Teluk Santong sudah pada penandatanganan berita acara verifikasi lapangan. Pihaknya telah melakukan pertemuan teknis lintas sektor sekaligus membagi tugas dan tanggung jawab dengan OPD terkait.

Dinas LH selain sebagai koordinator umum, juga bertanggungjawab terhadap kajian lingkungan, kajian teknis pengolahan limbah, perencanaan TPA.

BACA JUGA  Progres 58,39 Persen, Coklit Data Pemilih di Sumbawa Terus Dikebut

Kemudian Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP) kaitan dengan tata batas, pertimbangan teknis, pertimbangan fungsi dan pemenuhan pinjam pakai kawasan. Selanjutnya Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) terkait Detail Engineering Design (DED) TPA, DED jalan akses. Sementara di Bappeda terkait anggaran.

“Paling penting juga kami titipkan kepada camat dan BKPH kaitan dengan aksi sosial karena 5 hektare lahan yang akan dipinjam pakai sudah ada orang yang tempati,” ujarnya didampingi Kepala Bidang Penanganan Sampah dan Limbah B3, Abdul Malik, Pejabat Fungsional Pengawas, Aryan Perdana Putra, dan Kepala UPT Persampahan, Yul Haidir.

BACA JUGA  PAD dari KIR Baru Mencapai 57,9 Persen

Selain itu, lanjutnya, tidak kalah penting juga proses pembangunan TPA itu idealnya jika menggunakan sistem control landfill, membutuhkan anggaran yang sangat besar. Diasumsikan untuk 1 hektare saja menggunakan sistem tersebut, membutuhkan biaya sebesar Rp 20 miliar.

“Kita harapkan dukungan semua pihak agar ini bisa terwujud. Mudah-mudahan tidak lama lagi, kami sudah mengajukan anggaran kajian lingkungan, kajian teknis pengolahan limbah, mohon pak dewan dikawal,” pungkasnya.(ind/*)

Share :

Baca Juga

Politik dan Pemerintahan

Baliho Rohmi-Firin Hilang dan Rusak di Sejumlah Titik di Sumbawa

Politik dan Pemerintahan

Hari Bhakti Imigrasi ke-73,  Kanim Sumbawa Komit Tingkatkan Kualitas Pelayanan 

Politik dan Pemerintahan

Disambut Ribuan Massa, DPC PDI Perjuangan Sumbawa Kampanye di Desa Luar

Politik dan Pemerintahan

DPP Nasdem Restui Jarot-Ansori untuk Pilkada Sumbawa

Politik dan Pemerintahan

Masa Jabatan 155 Kades dan 915 BPD di Sumbawa Diperpanjang

Politik dan Pemerintahan

Sasar Perguruan Tinggi dan Media Massa, Bawaslu Sumbawa Sosialisasikan Pengawasan Partisipatif

Politik dan Pemerintahan

Ucapan Mohon Diri Pungki Handoyo

Politik dan Pemerintahan

Polres Bima Musnahkan Gelanggang Judi Sabung Ayam
error: Content is protected !!