Home / Politik dan Pemerintahan

Sabtu, 27 Januari 2024 - 20:39 WIB

Lestarikan Kearifan Lokal, Wabup Sumbawa Buka Festival Ereng 2024

Sumbawa Besar (Sumbawasatu.com)-

Wakil Bupati (Wabup) Sumbawa, Hj. Dewi Noviany, S.Pd., M.Pd., membuka secara resmi Festival Ereng 2024 dalam rangka memeriahkan HUT ke-65 Kabupaten Sumbawa tahun 2024, di Desa Jotang Beru, Kecamatan Empang, Sabtu, 27 Januari 2024.

Festival Ereng adalah suatu perayaan sebagai simbol kebersamaan dan kecintaan terhadap nilai-nilai budaya serta kearifan lokal kehidupan masyarakat Sumbawa. Arti “Ereng” tersebut adalah tempat masyarakat petani melepas lelah, mandi dan bersosialisasi. Menjadi tempat yang nyaman bagi anak-anak desa bermain dan belajar kehidupan, harapan untuk kembali menjaga sungai untuk berkelanjutan hidup.

Salah satu hiburan dalam festival ini yakni permainan tradisional “Kebo Kamit”. Kebo Kamit adalah sebuah permainan tradisional warisan budaya Sumbawa yang terbuat dari kulit kelapa (Kamit) yang akan dibentuk seperti perahu kecil dan dimainkan di aliran air sungai. Selain itu juga, adapun permainan tradisional lainnya seperti main palentong, main papan caka, main tolo, main taba, serta adanya bazar UMKM lokal.

BACA JUGA  KKL Labuhan Bontong Berdayakan Masyarakat Melalui UMKM

Festival Ereng ini diselenggarakan selama 2 (dua) hari mulai tanggal 27-28 Januari 2024 dan diikuti oleh beberapa peserta dari kalangan siswa SD dan SMP se-Kecamatan Empang dan Tarano.

Pada kesempatan itu, Wabup menyampaikan sangat bangga melihat partisipasi anak-anak generasi muda Sumbawa serta apresiasi kepada karang taruna Desa Jotang Beru atas inisiatif dalam menyelenggarakan kegiatan ini. Hal ini menunjukkan bahwa semangat kebersamaan dan kecintaan terhadap budaya lokal dapat diwariskan kepada generasi muda.

BACA JUGA  Koramil Jajaran Kodim 1607/Sumbawa Bersinergi¬† Patroli Berikan Rasa Aman Kepada Masyarakat

“Ini juga sejalan dengan tekad pemerintah Kabupaten Sumbawa yang khawatir terhadap pendidikan karakter anak-anak kita,” tegasnya

Selain itu, jelas Wabup, Pemerintah Kabupaten Sumbawa melaksanakan langkah-langkah konkret untuk mendukung pendidikan karakter. Dengan ini, pemda berkomitmen untuk terus mendorong pembentukan karakter yang tangguh, mandiri, dan berakhlak mulia pada generasi penerus kedepannya.

Wabup berharap Festival Ereng dapat dijadikan inspirasi agar kegiatan serupa dapat terlaksana di kecamatan lainnnya guna melestarikan kearifan lokal serta pendidikan karakter di Kabupaten Sumbawa.

“Mari bersama-sama menjadikan Festival Ereng sebagai inspirasi untuk menggelar acara serupa di kecamatan-kecamatan lainnya agar dapat mengaktifkan dan melestarikan kearifan lokal serta pendidikan karakter di setiap sudut Kabupaten Sumbawa,” pungkasnya.(ind/r/*)

Share :

Baca Juga

Politik dan Pemerintahan

Kades Labuhan Burung Bersyukur Abdul Rafiq Salurkan Banyak Bantuan untuk Masyarakat

Politik dan Pemerintahan

Songsong Pemilu 2024,  PDIP Upayakan Kerja Tim Raih Delapan Kursi DPRD Sumbawa

Politik dan Pemerintahan

Diskusi Kebijakan Disabilitas di Sumbawa Membuka Optimisme Baru

Politik dan Pemerintahan

Peringati Hari Bhakti Imigrasi ke-73, Kanim Sumbawa Laksanakan Donor Darah

Politik dan Pemerintahan

RSMA Turut Berduka Cita atas Berpulangnya TGH Ahyar Abduh

Politik dan Pemerintahan

Pemda Sumbawa Kucurkan Rp 1,8 Miliar Untuk Sekolah di Desa Lape

Politik dan Pemerintahan

Desa Rhee dan Kelurahan Bugis Dinilai Tim Provinsi

Politik dan Pemerintahan

Satnarkoba Polres Loteng Amankan Seorang Pemuda Di Pujut
error: Content is protected !!