Home / Pendidikan

Senin, 29 Januari 2024 - 16:39 WIB

Raih Akreditasi Baik Sekali dari LAMEMBA, Prodi Kewirausahaan FEB UTS: Sesuai Target

Sumbawa Besar (Sumbawasatu.com)–

Usaha tidak akan mengkhianati hasil. Itulah kalimat yang pantas disematkan pada Program Studi (Prodi) Kewirausahaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Teknologi Sumbawa (UTS).

Pada 19 Januari 2024 lalu Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi (LAMEMBA) tetapkan Akreditasi Baik Sekali bagi Prodi Kewirausahaan FEB UTS.
Capaian ini dituangkan dalam Surat Keputusan (SK) Nomor 980/DE/A.5/AR.10/I/2024.

“Tentunya ini adalah hasil kerja sama tim yang baik sebelum assessment dilakukan, dan ini adalah tanggung jawab baru bagi kita untuk menjaga standar mutu tersebut,” kata Fendy Maradita, S.E., M.M., Ketua Program Studi Kewirausahaan FEB UTS, Senin, 29 Januari 2024.

LAMEMBA melakukan assessment lapangan pada 7 Desember 2023. Dua Assesor yang terlibat adalah Dr. Noviaty Kresna Darmasetiawan, M.Si. dari Universitas Surabaya, dan Dr. I Wayan Widnyana, S.E., M.M. dari Universitas Mahasaraswati Denpasar.

BACA JUGA  Perkuat Sinergitas, Kakanim Sumbawa Kunjungi Bupati KSB

Ada 9 poin penilaian yang menjadi standar penetapan akreditasi ini. Beberapa di antaranya meliputi sarana dan prasarana, tenaga pengajar, penelitian, pengabdian masyarakat dan lain sebagainya.

“Alhamdulillah kami memenuhi semua kriteria dan sesuai dengan yang kami targetkan. Kami sudah mempelajari dan mempersiapkannya selama setahun sebelum assessment dilakukan,” tambah Fendy.

Dua Instrumen besar yang di hadirkan adalah Dokumen Evaluasi Diri (DED) dan Dokumen Kinerja Program Studi (DKPS).
Meski program studi ini belum memiliki lulusan, LAMEMBA disebut memiliki pertimbangannya sendiri dalam menghadiahkan peringkat akreditasi tersebut. Prodi dinilai telah menyediakan fasilitas yang layak untuk menunjang kualitas calon lulusannya.

BACA JUGA  Ketua DPRD Minta Pemda Atensi Persoalan Penempatan PPPK

Prodi Kewirausahaan FEB telah berkiprah dalam kerjasama internasional dengan berbagai pihak. Dua di antaranya adalah World Health Organizations (WHO) dan Monmounth Ocean Development Council (MODC). Kerja sama ini diimplementasikan dalam bidang penelitian. Jumlah tenaga pengajar Doktor dan Lektor di Prodi ini juga sesuai dengan jumlah yang dikriteriakan. Demikian juga dengan sitasi dosen yang cukup bisa dibanggakan.

“Semoga dengan akreditasi ini, dapat turut menjadikan FEB UTS semakin memiliki tempat di hati masyarakat,” kata Diah Anggraeni Hasri, S.Si., M.Sc., Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UTS.

Kata Diah, Akreditasi Baik Sekali bukan sekedar label peringkat melainkan cerminan kualitas yang dimiliki FEB UTS.(GR)

Share :

Baca Juga

Pendidikan

Peresmian Asrama Mahasiswa di Sumbawa, Ini Pesan Gubernur Kalimantan Utara

Pendidikan

Atasi Disparitas, 30 Sekolah di Sumbawa akan Dimerger 

Pendidikan

Ketua PDPM Sumbawa Dikukuhkan Jadi Anggota Dewan Pendidikan

Pendidikan

Puluhan Peserta Didik PAUD Semai Harapan Bangsa Resmi Dilepas

Pendidikan

Mengenalkan Museum kepada Generasi Muda, Prodi Ilmu Sejarah UTS Gelar Seminar

Pendidikan

SDN 7 Utan Kekurangan Murid Baru

Pendidikan

Usung Tema Menuju GMNI Unggul, GMNI Sumbawa Sukses Gelar PPAB

Pendidikan

Menyaksikan Keseruan Konser Dewa 19 di Praya Lombok Tengah
error: Content is protected !!