Home / NTB

Selasa, 30 Januari 2024 - 20:51 WIB

Kadis LHK NTB Panen Perdana Duren Desa Batudulang Sumbawa

Kadis LHK NTB, Julmansyah (tengah) saat melakukan panen perdana duren di kebun masyarakat Desa Batudulang, Kecamatan Batulanteh.

Kadis LHK NTB, Julmansyah (tengah) saat melakukan panen perdana duren di kebun masyarakat Desa Batudulang, Kecamatan Batulanteh.

Sumbawa Besar (Sumbawasatu.com)-

Buah duren di kebun masyarakat Desa Batudulang, Kecamatan Batulanteh, Kabupaten Sumbawa, akhirnya dipanen setelah beberapa tahun lalu ditanam.

Panen perdana dilakukan Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) NTB, Julmansyah, S.Hut., M.A.P di kebun Junaidi Zain dan Bakri pada Selasa, 30 Januari 2024.

Dijelaskan Julmansyah, semangat berkebun masyarakat Desa Batudulang sudah ada cukup lama. Paling tidak bisa dilihat dari banyaknya kebun kemiri, kopi dan avokad.

“Akan tetapi sejak 4 tahun terakhir ada kesadaran baru untuk mulai menanam buah-buahan seperti duren, manggis dan rambutan,” ungkapnya.

BACA JUGA  Agregat Indeks Pembangunan Statistik Sumbawa di Atas Indeks Nasional

Desa Batudulang berada pada ketinggian 900-1100 mdpl, sumber air PDAM Kota Sumbawa Besar dan 4 kecamatan lainnya dengan infrastruktur jalan aspal.

“Posisinya yang strategis bagi air baku Sumbawa tentu harus ditopang dengan tradisi berkebun buah untuk konservasi tanah dan air,” kata Julmansyah.

Masyarakat Batudulang selama ini hidup dari hasil kebun kopi, kemiri dan berburu madu hutan. Sehingga madu yang berasal dari Batudulang terkenal dengan keaslian dan kualitasnya yang baik.

BACA JUGA  Jelang MXGP, Pengamanan di Pelabuhan Poto Tano Diperketat

Julmansyah berharap, ke depannya ada upaya kolaborasi yang sungguh-sungguh antara DLHK melalui KPH dengan Pemda Sumbawa melalui perangkatnya untuk menjadikan Desa Batudulang sebagai desa agrowisata. Selain itu juga mendukung upaya industrialisasi hasil hutan bukan kayu yang berkelanjutan. Karena masa depan Kota Sumbawa dan 4 kecamatan lainnya ada di hulu yakni kawasan hutan Batudulang dan sekitarnya.(ind/*)

Share :

Baca Juga

NTB

Tingkatkan Kemampuan Kaum Hawa, Polda NTB Gelar Workshop PUG

NTB

Buka Rakerda I IJTI NTB, Penjabat Bupati Lotim Harapkan Peran Pers Promosikan Pariwisata 

NTB

2 Terduga Pelaku Persetubuhan Anak Diringkus Polisi

NTB

Jelang MXGP, Pengamanan di Pelabuhan Poto Tano Diperketat

NTB

Rakerda IJTI NTB 2024: Membangun Jurnalisme Positif dengan Sentuhan Kearifan Lokal

NTB

IJTI NTB Gelar Rakerda Perdana Tahun 2024 untuk Membangun Peran Pers dalam Era Digital

NTB

Polda NTB Buka Grand Bazar Lombok Sumbawa
error: Content is protected !!