Home / Politik dan Pemerintahan

Senin, 5 Februari 2024 - 13:55 WIB

Antisipasi Kasus DBD, Dikes Sumbawa Ajak Masyarakat Jadi Jumantik

Sumbawa Besar (Sumbawasatu.com)-

Kabupaten Sumbawa telah memasuki musim penghujan tahun 2024. Selain bencana alam, sejumlah penyakit lingkungan kerap terjadi. Salah satunya, merebaknya virus demam berdarah denguage (DBD) yang ditularkan oleh nyamuk Aedes Aegepty.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa, Junaidi menyatakan, kasus demam berdarah yang terjadi di wilayah Sumbawa terdapat sebanyak 14 kasus di akhir januari ini dibandingkan dengan bulan Januari tahun lalu yang mengalami penurunan drastis dan di bulan Februari di tahun 2024 ini terdapat 10 kasus baru.

“Tentu ini perlu di antisipasi bagaimana supaya tidak lagi terjadi peningkatan kasus, bagaimana kami mengajak seluruh masyarakat untuk melakukan pemberantasan dengan 3M dan sebelumnya pada bulan November 2023 Pak Bupati telah memberikan surat edaran kepala seluruh camat dan desa serta seluruh perangkat dibawahnya bagaimana agar masing-masing camat untuk mengajak masyarakat melakukan antisipasi terjadinya kasus demam berdarah dengan melakukan upaya-upaya antara lain adalah melakukan gerakan 3M,” ujarnya.

BACA JUGA  Pemda Sumbawa Alokasikan 8 Persen Kenaikan Gaji ASN

Upaya yang dilakukan untuk pencegahan penyebaran nyamuk aedes aegepty yaitu dengan menerapkan 3M. Pertama mengubur atau mendaur ulang tempat tempat atau wadah berkembangnya nyamuk aedes aegepty, kedua sesering mungkin membersihkan tempat tempat penampungan air dengan cara mengurasnya, ketiga menutup tempat penyimpanan air sehingga tidak menjadi tempat berkembangnya nyamuk aedes aegepty.

BACA JUGA  Realisasikan Janji Kampanye, Mo-Novi Tambah Mobil Ambulan Desa 2024

“Himbauan kami yang paling penting yaitu bagaimana kita mengajak seluruh masyarakat di setiap rumah tangga ada satu orang menjadi jumantik (juru pemantik jentik) bisa bapaknya, ibunya, atau salah satu dari anaknya,” ujarnya.

Penerapan 3M dirasa lebih efektif dibandingkan dengan melalukan fogging yang hanya membunuh nyamuk dewasa tetapi tidak menghilangkan jentik.(ind/*)

Share :

Baca Juga

Politik dan Pemerintahan

Haerul Akbar, Tukang Parkir Yang Sukses Magang di Jepang 

Politik dan Pemerintahan

Sumbawa Dapat Anggaran Puluhan Miliar untuk Bibit Jagung dan Padi

Politik dan Pemerintahan

Ratusan Nelayan Pulau Kaung Dapat Bantuan Beras

Politik dan Pemerintahan

Penyerahan Username PPPK Diperpanjang Hingga 27 Februari

Politik dan Pemerintahan

Diikuti 107 Peserta, Inilah Juara Lomba Menulis Sinopsis dan Resensi Tingkat Kabupaten Sumbawa

Politik dan Pemerintahan

KPU Sumbawa Mulai Terima Pengajuan Balon Anggota DPRD

Politik dan Pemerintahan

Ketua DPRD Sumbawa Minta Pemda Segera Atasi Persoalan Melambungnya Harga Sembako

Politik dan Pemerintahan

Serap “Suara dari Sumbawa”, Mi6 Petakan Isu Strategis Menjelang Pilgub NTB 2024
error: Content is protected !!