Home / Politik dan Pemerintahan

Selasa, 27 Februari 2024 - 19:50 WIB

Dinas KUKMIndag Sumbawa Pantau Harga Bahan Pokok Jelang Ramadhan

Sumbawa Besar (Sumbawasatu.com)-

Pemkab Sumbawa melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan (KUKMIndag) melakukan pemantauan secara rutin terhadap harga bahan pangan, terutama beras yang harganya naik menjelang bulan Ramadhan.

“Pantauan kita tiap hari, jadi datanya dikirim ke kementerian dan ke aplikasi siandini, tiap hari Senin sampai Jum’at Sabtu Minggunya libur,” ujar Kepala bidang Perdagangan Dinas KUKMIndag Sumbawa, Sakliyane Andriani, S.T., kepada wartawan, Selasa, 27 Februari 2024.

Disebutkan, berdasarkan data pantauan harga hingga 26 Februari kemarin, harga beberapa bahan pangan masih tinggi, terutama di beras. Sementara untuk bahan pangan yang lain masih cukup stabil.

BACA JUGA  Realisasikan Janji Kampanye, Mo-Novi Tambah Mobil Ambulan Desa 2024

“Untuk sementara saat ini yang signifikan cuma beras premium di angka Rp. 17.000/kg, beras medium di angka Rp. 16.300/kg, sedangkan untuk komoditi lain seperti cabai, cabai keriting, cabai rawit, dan tomat terbilang cukup normal,” tambahnya.

Menurutnya, penyebab naiknya harga bahan pokok tersebut terjadi karena faktor cuaca. Selain itu, penyebab lainnya yaitu barang yang dipasok berasal dari luar wilayah sumbawa, dari pulau Lombok. Sementara terkait harga beras lanjutnya, Pemda Sumbawa telah bekerjasama dengan Bulog untuk pengendalian harga di pasaran.

BACA JUGA  Jasa Raharja Jamin Seluruh Korban Tabrakan KA Turangga dengan Commuter Line Bandung Raya di Cicalengka

“Kita bekerjasama dengan Bulog untuk pengendalian harga. Kemarin sudah mulai dilakukan penyebaran beras Stabilisasi Pasokan Harga Pangan (SPHP)dengan harga sesuai HET,” ungkapnya.

Ke depan, pihaknya berharap tidak ada lonjakan harga bahan pangan terutama di komoditi beras menjelang bulan Ramadhan. Diminta kepada warga Sumbawa tidak perlu panik dengan kondisi seperti saat ini. Sebab pemerintah akan berusaha cepat dan tanggap dengan permasalahan yang ada dipasaran, seperti mengeluarkan beras SPHP dengan harga yang kurang dari harga yang beredar di pasaran.(ind/*)

Share :

Baca Juga

Politik dan Pemerintahan

Pemda Sumbawa Dukung Program Digitalisasi Daerah

Politik dan Pemerintahan

Kapolres Sumbawa Berikan Penghargaan Personel Berprestasi

Politik dan Pemerintahan

Abdul Rafiq : Rakernas IV PDI Perjuangan Lahirkan Rekomendasi Pro Kedaulatan Pangan dan Kepegawaian

Politik dan Pemerintahan

Sumbawa Peringkat 4 Nasional SPM Awards 2024

Politik dan Pemerintahan

Upaya Tingkatkan Prestasi, Pemda Sumbawa Maksimalkan Persiapan MTQ Tingkat Provinsi

Politik dan Pemerintahan

Awal Tahun, Tercatat 71 Kasus DBD di Sumbawa

Politik dan Pemerintahan

Pemilu 2024, Bawaslu Sumbawa Butuh Peran Media Massa dalam Pengawasan

Politik dan Pemerintahan

Pengerjaan Dermaga Apung Desa Labuhan Jambu Dikebut 
error: Content is protected !!