Home / Ragam

Rabu, 8 Mei 2024 - 19:54 WIB

Perkuat Pengawasan Orang Asing, Imigrasi Sumbawa Gelar Operasi Jagratara

Sumbawa Barat (Sumbawasatu.com)-

Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sumbawa Besar Kanwil Kemenkumham NTB menggelar Operasi Jagratara di wilayah Sumbawa Barat pada 3 Mei sampai 5 Mei 2024. Dalam operasi tersebut, tidak ditemukan adanya pelanggaran keimigrasian.

Operasi Jagratara merupakan bagian dari upaya nasional dalam memperketat pengawasan terhadap penggunaan izin tinggal oleh Warga Negara Asing (WNA) di Indonesia.

“Hasil dari operasi ini sangat positif, di mana tidak ditemukan adanya pelanggaran keimigrasian diwilayah kerja Imigrasi Sumbawa,” kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sumbawa Besar, Selfario Adhityawan Pikulun.

Operasi “Jagratara 2024” digelar berdasarkan Surat Direktur Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian Nomor IMI.5-GR.03.06-158 tanggal 18 April 2024, yang menginstruksikan pelaksanaan pengawasan serentak terhadap orang asing dengan kendali pusat di seluruh wilayah Indonesia.

BACA JUGA  Madu Sumbawa Hadir di ASEAN Working Group on Intelectual Property Right (AWGPIC) ke 71

Tujuan utamanya adalah untuk memastikan bahwa semua WNA yang berada di wilayah kerja mematuhi hukum dan regulasi yang berlaku di negara ini.

Di wilayah Sumbawa Barat, pelaksanaan operasi ini menargetkan beberapa lokasi strategis diantaranya PT. Bumi Pasir Mandiri di Desa Labuhan Kertasari Sumbawa Barat dan daerah wisata Labuan Lalar, Taliwang Sumbawa Barat.

Tim melakukan pemeriksaan terhadap dokumen dan status keimigrasian dari warga negara asing yang berada di sekitar lokasi tersebut.

BACA JUGA  Jadi Khatib Sholat Jumat, Ini Pesan Kapolsek Sumbawa kepada Masyarakat

Menurut Selfario, hasil operasi yang memuaskan itu menunjukkan keefektifan dari tindakan preventif dan pengawasan yang dilakukan oleh Kantor Imigrasi serta dukungan dari masyarakat dan lembaga terkait.

Ia menambahkan, keberhasilan ini tidak hanya meningkatkan kepercayaan publik terhadap kemampuan pemerintah dalam mengelola keimigrasian tetapi juga memberikan rasa aman lebih bagi masyarakat.

“Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sumbawa Besar berkomitmen untuk terus melakukan pengawasan ketat dan rutin untuk memastikan kepatuhan terhadap hukum keimigrasian,” tegas Selfario.(ind/r)

Share :

Baca Juga

Petani jagung saat melakukan penyemprotan hama belalang (ist)

Ragam

Hama Belalang Serang Tanaman Jagung di Sumbawa

Ragam

Cegah Fatalitas Kecelakaan, Polres Sumbawa Gelar Lomba Safety Riding

Ragam

Imigrasi Sumbawa Rilis Capaian Kinerja Sepanjang Tahun 2023

Ragam

Seminar Skrining dan Penemuan Awal Penyakit Kanker untuk Dokter dan Bidan di Pulau Sumbawa

Ragam

Patroli Sahur,  Polres Sumbawa Imbau Masyarakat Jaga Kamtibmas

Ragam

Jasa Raharja Bersama Korlantas Polri Gelar Aksi Keselamatan Jalan dan Mengusulkan 2 Maret sebagai Hari Keselamatan Jalan Nasional

Ragam

Tanaman Petai, Harapan Baru Masyarakat Batudulang Sumbawa

Ragam

Kemendes Bantu Pengembangan Wisata Desa Poto
error: Content is protected !!