Home / Politik dan Pemerintahan

Kamis, 23 Mei 2024 - 20:03 WIB

Masa Jabatan 155 Kades dan 915 BPD di Sumbawa Diperpanjang

Sumbawa Besar (Sumbawasatu.com)-

Pemerintah Kabupaten Sumbawa akan melakukan perpanjangan masa jabatan Kepala Desa (Kades) dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang semula 6 tahun menjadi 8 tahun. Perpanjangan akan ditetapkan dengan Keputusan Bupati Sumbawa.

Kepala Dinas PMD Kabupaten Sumbawa, Rachman Ansori menyampaikan, langkah ini dilaksanakan berdasarkan amanat UU Nomor 3 Tahun 2024 tentang Perubahan Kedua Atas UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

“Alhamdulillah, Bapak Bupati langsung menginstruksikan kepada Dinas PMD untuk segera berkoordinasi dengan pihak terkait, dan melaksanakan langkah-langkah administratif yang cermat dan tepat sesuai regulasi dalam proses perpanjangan masa jabatan Kepala Desa dan BPD di Kabupaten Sumbawa,” ujar Ansori, Kamis, 23 Mei 2024.

BACA JUGA  Kadistan Sumbawa Harap Petani Dapat Lanjutkan Budidaya Bawang Merah

Dijelaskannya, dari 157 Kepala Desa se Kabupaten Sumbawa yang akan dikukuhkan perpanjangan masa jabatannya menjadi 8 tahun adalah sebanyak 155 Kepala Desa. Sedangkan 2 Desa yang saat ini dijabat oleh Penjabat Kepala Desa karena Kepala Desa yang terdahulu meninggal dunia akan diselenggarakan Pilkades langsung sambil menunggu arahan regulasi lebih lanjut dari pemerintah pusat. Sedangkan Badan Permusyawaratan Desa yang akan diperpanjang masa jabatannya adalah sebanyak 915 orang se Kabupaten Sumbawa.

BACA JUGA  Bupati dan Masyarakat Sumbawa Shalat Istisqa’

“Saat ini, kami di Dinas PMD sedang melakukan penelitian berkas, menyusun draf SK dan terus berkoordinasi intens dengan Inspektorat, Bagian Hukum, Pemerintah Provinsi dan Kemendagri,” lanjutnya.

Dalam laporannya kepada Bupati, Ansori menargetkan acara pengukuhan atau penyerahan SK Bupati Sumbawa tentang Perpanjangan Masa Jabatan Kepala Desa sebagai tindak lanjut amanat UU Nomor 3 Tahun 2024 akan dilaksanakan pada bulan Juni 2024 mendatang secara serentak di Halaman Kantor Bupati Sumbawa. Setelahnya akan diberlakukan juga penyerahan SK perpanjangan masa jabatan kepada BPD.(ind/r/*)

Share :

Baca Juga

Politik dan Pemerintahan

Perkuat Sinergitas, Kakanim Sumbawa Kunjungi Bupati KSB

Politik dan Pemerintahan

Bertemu Masyarakat Tengkal, Rafiq Siap Menjadi Bapak Angkat Pedagang Asongan

Politik dan Pemerintahan

Tim ESI Sumbawa Berhasil Bawa Pulang Trofi Piala FJ Recoil 2.0

Politik dan Pemerintahan

Dana Desa Kabupaten Sumbawa Tahun 2024 Meningkat

Politik dan Pemerintahan

Bupati Sumbawa Resmikan IPLT Raberas

Politik dan Pemerintahan

Kolaborasi dan Inovasi Digital Jadi “Senjata” Jasa Raharja Hadapi Tantangan 2023

Politik dan Pemerintahan

Persiapan Lebaran 2023, Jasa Raharja, Kemenhub dan Korlantas Polri melakukan Survei Jalur Pantai Selatan Jawa Barat

Politik dan Pemerintahan

Perjuangkan Tenaga PPPK Kesehatan, DPRD Sumbawa Konsultasi ke Pusat
error: Content is protected !!