Home / Ragam

Minggu, 26 Mei 2024 - 12:38 WIB

FEB UTS Sambangi Pondok Pesantren Kenalkan Literasi Keuangan

Sumbawa Besar (Sumbawasatu.com)–

Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) sambangi Pondok Pesantren Al-Mutmainnah di Leseng, Kecamatan Moyo Hulu. Kunjungan ini dalam rangka mengenalkan kepada para santri terkait literasi keuangan. Kegiatan ini sekaligus merupakan bagian dari Program Pengabdian Masyarakat (PKM).

Di agenda Sabtu,(18/05/2024) itu, kolaborasi Program Studi Ekonomi Pembangunan dan Program Studi Manajemen mengisi jalannya acara. Materi inklusi dan literasi keuangan disampaikan oleh Dosen Manajemen Abdul Salam, M.M. Dalam pemaparannya, ia menjelaskan tentang pola mengatur keuangan di era digital dan lembaga keuangan.

Sementara itu, Dosen Ekonomi Pembangunan, Muhammad Rafi’i Sanjani, M.E., membawakan materi pengenalan keuangan syariah. Pada penjelasannya, ia menekankan pentingnya mengenali sumber keuangan dan bentuk transaksi yang berkaitan dengan riba.

BACA JUGA  Kodim Sumbawa Asah Kemampuan Prajurit Menembak 

Keterangan ini diutarakan kembali oleh Ketua Program Studi Ekonomi Pembangunan, Rozzy Aprirachman, MDP., saat diwawancarai, (25/5/2024). Sebelumnya kata Rozzy, pesantren dipilih menjadi tempat PKM ini dilakukan mengingat kebersesuaian dengan materi yang diangkat. Terlebih, transaksi keuangan terutama terkait Pinjaman Online (Pinjol) kerap menjadi persoalan dewasa ini.

Dari 60 an kuota peserta yang disiapkan, peserta disebut justru membeludak. Mereka yang hadir adalah santri-santri dari jenjang SD hingga SMA.

BACA JUGA  Melalui Jumat Curhat,  Kapolsek KPL Tano Dialog Kamtibmas dengan Stakeholder

“Alhamdulillah mereka tampak antusias sekali dengan materi yang coba kami sajikan. Lebih dari yang ditargetkan ya. Kira-kira ada sampai seratus orang yang ikut jadinya,” jelas Rozzy.

“Kami tidak hanya melihat ini sebagai program semata. Lebih jauh dari itu, kami meletakkan harapan agar semua yang kami sampaikan bisa dipahami dan betul-betul dipakai di kehidupan sehari-hari,” sambungnya.

Kata Rozzy, pemahaman terhadap ilmu keuangan memiliki dampak ke banyak hal. Dimulai dari kestabilan ekonomi itu sendiri, sampai perkara keharmonisan. Karena itu, pemahaman terhadap persoalan keuangan menjadi ilmu yang cukup krusial untuk dipahami sejak dini.(Gnr)

Share :

Baca Juga

Ragam

Sat Lantas Polres Sumbawa Berbagi Takjil dengan Pengguna Jalan

Ragam

Minimalisir Laka Lantas, Polres Sumbawa Perbanyak Baliho Himbauan

Ragam

Mi6 Tolak Larangan Kesenian Kecimol di Lombok

Ragam

Jaga Kondusifitas Jelang MXGP Samota dan Pemilu, Intelkam Polda NTB dan Wartawan Perkuat Koordinasi

Ragam

Terseret Arus, Dua Wisatawan Tewas di Pantai Setangi

Ragam

Jalankan Program Kapolres, Polsek Utan Pasang Himbauan di Semua Desa

Ragam

Penyuluh KB Karang Dima Tembus Nasional

Ragam

Respons Cepat, Jasa Raharja Pastikan Seluruh Korban yang Tertabrak Truk Bermuatan Galon di Simalungun Terjamin Santunan
error: Content is protected !!