Home / Politik dan Pemerintahan

Selasa, 11 Juni 2024 - 11:48 WIB

Disnakeswan Sumbawa Turunkan 200 Petugas Pemeriksaan Hewan Jelang Idul Adha

Sumbawa Besar (Sumbawasatu.com)-

Sebentar lagi umat muslim di seluruh dunia, khususnya di Kabupaten Sumbawa, akan melaksanakan hari raya Idul Adha. Untuk memastikan daging yang dikonsumsi saat hari raya tersebut aman, sebanyak 200 orang petugas kesehatan akan diterjunkan.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Sumbawa, H. Junaidi yang ditemui, Selasa (11/6) mengatakan, Kabupaten Sumbawa satu-satunya kabupaten dengan populasi ternak cukup besar di NTB. Karena itu, stok ternak dijamin aman. Terkait pemotongan hewan qurban pada saat Idul Adha, pihaknya telah membentuk tim yang terdiri dari 200 orang. Nantinya tim ini akan bertugas memeriksa ternak sebelum dan sesudah dipotong.

BACA JUGA  Dinas Sosial Sumbawa Sosialisasikan Kode Etik Kepada SDM PKH

“Jadi ada pemeriksaan sampel darah sebelum dan sesudah dipotong. Petugas kami akan datang langsung ke lokasi di mana pemotongan-pemotongan itu,” ujar Junaidi.

Ditegaskan, pemeriksaan ini dilakukan secara gratis. Jadi diimbau kepada semua masyarakat yang hendak memotong hewan qurban, untuk melapor ke petugas Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan terdekat. Baik itu di tingkat Kabupaten maupun di Puskeswan. “Petugas kami standby satu kali 24 jam untuk memeriksa,” imbuhnya.

BACA JUGA  Resmi Bergabung ke Nasdem, Ini Seruan H. Jarot di Depan Relawan dan Pengurus Partai

Dalam hal ini, terang Junaidi, pihaknya akan menyasar seluruh lokasi pemotongan hewan qurban. Baik itu yang dilakukan di masjid, mushalla dan pribadi. Karenanya, panitia qurban maupun perorangan diharapkan untuk melapor ke petugas terkait rencana pemotongan hewan qurban itu. “Semua akan kami sasar,” kata Junaidi.

Lebih lanjut Junaidi mengatakan, berdasarkan surat edaran dari Sekda Sumbawa, diminta kepada seluruh camat agar mendata dan melaporkan, sekaligus memeriksa hewan qurban yang akan dipotong. Sehingga, hewan yang akan diqurbankan dipastikan sehat dan dagingnya aman dikonsumsi.(ind/*)

Share :

Baca Juga

Politik dan Pemerintahan

Tindak Lanjuti LHP BPK, Inspektorat Sumbawa Bentuk Tim Khusus

Politik dan Pemerintahan

Desa Rhee dan Kelurahan Bugis Dinilai Tim Provinsi

Politik dan Pemerintahan

PKM Unit II Sumbawa Raih Predikat Tertinggi Penyelenggaraan Pelayanan Publik 2023

Politik dan Pemerintahan

Pemda Sumbawa Terima Penghargaan dari Ombudsman

Politik dan Pemerintahan

Kabupaten Sumbawa Ditunjuk Sebagai Daerah Indeks Harga Konsumen

Politik dan Pemerintahan

Serap “Suara dari Sumbawa”, Mi6 Petakan Isu Strategis Menjelang Pilgub NTB 2024

Politik dan Pemerintahan

PERAN PENTING MENAMBAH MINERAL DALAM PEMBUATAN PAKAN AYAM PETELUR

Politik dan Pemerintahan

Kelurahan Bugis Ikut Lomba Kelurahan Tingkat Provinsi 2024
error: Content is protected !!